Tentang “Cara Logout Line di iPad atau iPhone”

Terima kasih kepada semua pengunjung yang ternyata ‘mampir’ ke blog saya karena keyword “Cara Logout Line di iPad atau iPhone”!!

Iya, saya gak sengaja menengok statistik blog ini yang sedang ‘hibernasi’.. dan kaget juga, kok ternyata visit ke blog saya masih tinggi? Rupanya banyak yang membutuhkan info logout aplikasi Line di iOS ya? Buat apa sih? Buat melakukan koneksi VPN dan download sticker-sticker Line yang gratis di negeri orang ya? Hihihi..

Line Sticker Minion
Contoh sticker gratis Line, sticker Minion, hehe..

Baiklah, untuk tidak mengecewakan pengunjung yang selama ini mendapat hasil hampa, saya akan uraikan cara log out Line di iPad atau iPhone. Cara ini sudah pernah saya praktekkan di iPad saya, tapi belum pernah di iPhone (karena gak punya, karena hilang dimaling orang). Seharusnya sama saja kok di iPhone maupun iPad.

Sebenarnya simple, tapi ada persiapannya. Terutama karena kalau kamu logout, kamu akan mau login lagi kan? Jadi begini langkah-langkah yang ‘aman’-nya.

Persiapan log out dari Line (iPad atau iPhone)

  1. Pilih “More” – “Setting” – cek di bagian “Profile” dan “Account” hal-hal sebagai berikut:
    • “Profile” – Apakah kamu sudah punya user ID (untuk memudahkan login)
    • “Account” – Daftarkan/lakukan registrasi dengan alamat email kamu (juga untuk mengamankan login dan data kamu), ATAU
    • “Account” – Link akun Facebook kamu dengan ID Line kamu
  2. Kalau sudah aman (ada user ID, ada email atau akun Facebook untuk ‘back up login’ kamu:
    Cek ke history chat kamu. Kalau ada yang penting dan ingin/harus kamu simpan, lakukan ‘export chat history’ dengan memilih menu kanan atas – “Setting”

Oke, yang di atas itu sih baru persiapannya. Next, kita lanjut ke cara logout. Terus terang saja, ini sebenarnya cara “logout paksa” karena pilihannya tidak ada dalam menu setting Line (iOS) yang tersedia.

  1. Keluar dari aplikasi Line.
  2. “Tap” dan tahan jari kamu di icon Line sampai ‘goyang-goyang’ dan di pojok kiri ada tanda silang putih di bulatan hitam. Seperti gambar berikut ini (abaikan jumlah notifikasinya yang angka 48)Uninstall Line
  3. (Mungkin kamu sudah menebak apa selanjutnya) Uninstall aplikasi Line kamu.
  4. Dari App Store, download ulang dan install “Line” untuk gadget kamu.
    Karena tidak ada Line khusus untuk iPad, ketika melakukan search, jangan lupa pilih “iPhone Apps” di sisi atas hasil pencarian.Search Line di AppStore
  5. Buka kembali Line (untuk pertama kali setelah reinstall) dan kamu akan mendapatkan Line dalam keadaan belum login.

Untuk re-login, cukup memasukkan user ID / email login dan password kamu seperti yang telah kamu lakukan di langkah persiapan.

Hal yang penting diketahui, berdasarkan pengalaman saya:

  • Stiker-stiker kamu di aplikasi Line akan ‘hilang’ meski kamu sudah login kembali – tapi jangan kuatir, semua stiker yang sudah pernah kamu beli, statusnya tersimpan di “cloud”,  jadi kamu tinggal mendownload ulang saja, tidak perlu membeli ulang.
  • History chat kamu akan terhapus. Tapi contact list kamu seharusnya tidak ada yang hilang.
  • Saat kamu login kembali dengan user ID atau email, ada pilihan untuk memasukkan nomor telpon kamu, dan ini bisa di”skip”. Kalau kamu akan melakukan koneksi VPN, jangan masukkan nomor telpon.
  • Kalau kamu menggunakan program Line chat di komputer, sticker-sticker dan urutannya di dalam program Line chat komputer tidak akan terpengaruh (tidak hilang sama sekali).

Disclaimer: Segala resiko apapun (kehilangan sticker, contact, ataupun login game dan lainnya) ada pada masing-masing pengguna. Penulis tidak bertanggung jawab atas masalah yang terjadi jika pengguna memutuskan untuk mencoba langkah-langkah di atas. Please mind your own risk. 

Semoga membantu, dan kalau ada masukan dan saran, berdasarkan pengalaman kalian, jangan lupa untuk share juga ya. Siapa tahu ada hal-hal yang perlu saya update dalam blog post ini.

Soal koneksi VPN saya tidak bahas dulu ya, kecuali ternyata pada butuh juga hehe..

Cheers!

233 thoughts on “Tentang “Cara Logout Line di iPad atau iPhone”

      1. Kak mau nanya kan aku udah reinstall line trus email dgn passnya udah benar tapi yg jadi masalahnya itu nomor teleponnya ada tulisan invalid phone number padahal nomornya udah benar,udah berulang kali ganti nomor yg lain tapi ga bisa,tapi pemberitahuan di line masuk cuman ga bisa kebuka,gimna caranya kak?respon yah

        1. Hai Fina, jadi gagal ganti nomer handphone yah? Kalau gak salah harus uninstall dulu lagi baru reinstall supaya bisa ganti no HP. Karena saat sudah ada no HP, gak bisa diganti2. Kalau gak salah ginii yahh..

  1. kak aku kan udah reinstall yaa. trs aku download kembali dan pas mau buka linenya ada tulisanya “Line User Login” sm “New users” .
    aku pilih Line user login kan buat log in id aku yg sblmnya. tp kok pas log in suruh masukin email dan pass ya? kayak mau buat baru gt kak.
    gaada suruh masukin id dan pass gt.
    mohon bantuannya ya kak

    1. Halo Nia.. kalau gak salah *sudah lama aku gak logout dan login lagi* kamu harus registrasi ID kamu dengan mendaftarkan ke email atau akun FB terlebih dahulu. Jangan logout duluan.. nanti gak bisa login lagi pakai ID yang sama :(

      Jadi mending sekarang kamu perlu bikin ID baru, lalu daftarkan emailnya ya…
      Semoga membantu.

  2. Kak aku mau nanya tengang vpn, kok tetep gabisa download ya kak? Padahal aku gamasukin no.tlp kak. Tolong bantu ya kak, maaf jadi ngaco nanyanya._.

      1. Kak knpa yaa pas mau login ada tulisan seperti ini : terjadi eror. coba lagi nanti ! Knpa itu yaa ? Gara” ganti akun terus sii kak

        1. Yang sering terjadi sih, koneksi 3G kurang bagus sehingga gagal login. Coba login lagi tapi dengan koneksi wifi yah, moga-moga gak error lagi :)

  3. Gimana ya caranya app line ga sengaja k apus . Terus stelah d install lg pas mau masuk suruh dftar baru .. ga bisa ya kalo dftr pake id yg lama?

        1. Halo Gio, aku sudah coba lagi nih. Iya memang tidak ada “skip” nya, tapi kalau aku ikuti prosesnya, hanya harus konfirmasi dengan PIN, lalu bisa login lagi, dan nomor telpon di LINE tetap kosong.

          Semoga membantu yah.

  4. mba mau tanya,klo nelp pake line aq ko ga bs dgr suara yg ditelp y? tp Aq bs dgr suara yg ditelp pake video call juga bisa tp ttp ga ada suaranya..oia aq pake android mba…thxx ya mbA

  5. ka mau tanya, line ku kan dari ipad aku udah beli bebereapa stiker dan tema di line.
    kalau aku pindah terus log in di iphone kira2 stiker dan tema line aku bakalan hilang apa engga ya? terus caranya gimana buat re-download nya?
    soalnya kan sayang sudah beli kalau hilang.. hehe thanks :)

    1. Halo Tata, selama kamu masih bisa login dengan email/ID yang sama, nanti kamu bisa download lagi. Kalau gak salah harus ke sticker shop, cari yang kategori sudah pernah dibeli (Purchased), lalu download lagi deh :)

      Semoga membantu ^^

  6. halo kak, mau tanya, aku udah bisa login ke line, kontak masih ada (beberapa), tapi stikerku hilang semua. aku kira jadi akun baru, tapi pas mau download free coins ternyata udah cleared semua. selain itu koin juga hilang semua. itu kenapa ya kak? :(

    1. Downloadnya bukan di coins, Lin. Coba ke Setting – Setting – Stickers – My Stickers. Harusnya di situ ada list semua stickers yang pernah kamu beli, di paling bawah ada pilihan tombol “Download All”. Semoga berhasil yaa :)

  7. Hi siz..
    Saya pny mslh dgn buka gmbr di line saya, baik yg saya trima dari tmn maupun yg saya trima dr pihak line sndr… lalu krn kjdn itu saya lakukan uninstall line dan restart android saya lalu saya install kembali aplikasi line.. lalu saya buka lagi aplikasi line tsb dan coba buat login user.. namun saya ada mslh buat login line dgn id lama saya tsb… knp ketika saya memasukkan email yg saya dftrkan beserta passwordnya tsb keluar notifikasi “an error has occured.. please try again later..” namun disisi laen saya sampai sekarang msh dpt notifikasi quest dari game line yg saya mainkan..
    nah… apa yg salah siz?? Sampai saya login user line klr notifikasi tsb.. (an error has occured.. please try again later) langkah apa yg harus saya lakukan agar dpt masuk dan menggunakan aplikasi line saya itu kembali… (mohon bantuan dan infonya) ^_^ thx..

      1. Iya sdh berhasil.. pertama kali buat dulu saya lgsg connect dengan email saya karena saya sering beli gems di game line.. dan selalu ada report pembelian gems di email saya itu..

      2. Sdh bs siz lineku… brsn aku gnt kartu sim cardnya sm kartu sim cardku yg laen.. trnyt biang keroknya dr sim cardnya… dienkkk…
        yaa cuma mau ksh info itu doank sich.. thx b4…

  8. Kak klo misal nya w mw daftar account baru trus w mw delete account lama . trus kan account baru nya w verif pkek no hp lama , apakah nnt sticker dll nya bs kembali ada di account baru nya ??

  9. Assalamualaikum.wr.wb
    saya mau nanya tentang line gamenya
    nanti saya mau ganti hape trus nanti saya mau download lagi linenya
    nah nanti kalo saya mau buka game line sya apakah data line gamenya hilang atau tidak
    mungkin itu saja
    terima kasih wassalam

    1. Halo mas Yusuf, itu tergantung game apa dulu, apakah login gamenya pakai LINE ID. Kalau iya (misalnya LINE I Love Coffee yang pernah saya mainkan) kalau ganti hape dan download gamenya lagi, login lagi dengan LINE ID yang sama, datanya tetap ada tapi loading pertamanya mungkin agak lama (karena dia akan loading data game dulu)

      Semoga membantu ya :)

    1. Data game disimpan bukan oleh LINE, tapi terhubung dengan ID LINE Anda. Kalau pindah gadget, misalnya, game tersebut bisa Anda buka lagi dengan ID yang sama, dan kondisinya akan sama seperti terakhir Anda simpan.

  10. Permisi, klo hapus data di line yg sekarang saya gunakan apakah list friend dan game yg saya mainkan akan ke reset?? Klo iy, saya minta solusi bagaimana cara log out line tanpa reset game?? Agar nanti ketika saya log in akun line yg lama, game dan friiend tidak ke reset.

    Makasih

  11. Mbak krn delete account terus masuk in line LG tp kok kontaknya ilang semua ya? Gmn cara nya supaya kontak tetap ada, mmg kmrn masukin line nya dengan new user krn Pake id dia ga mau, padahal Udah terdaftar di email dan sblmnya Pake email emang bisa,itu gmn ya?

    1. Halo A, kalau masuk sebagai new user, ya contactnya mulai dari nol dong.. Kalau mau, identifikasi dengan nomer telpon atau connect ke Facebook supaya contactnya ada isinya lagi. Semoga membantu ya

  12. Halooo mau nanya dong :) dulu aku pake line di iPad skrg mau pindahin linenya ke HP yg baru (android). Bisa ngga ya supaya chatnya gailang sm foto2 di linenya? Kalo bisa boleh tau caranya? Thx before :)

    1. Kak Indri, setahuku kalau pindah gadget, harus rela hilang history chatnya, kecuali yang kita export dulu ke email (itu pun rekamannya ada berupa file txt atau semacamnya, di gadget tetap akan hilang).. Begitu ya setahuku :) Semoga membantu!

  13. Mba klo id line aku mau di pindah ke perangkat baru, itu bakal ngehapus data game nya gk.? Soal nya pas aku coba pindah perangkat ada pringatan “akun anda sudah terdaftar di perangkat lain bla bla bla” gmna mba.?

    1. Halo Ole, gamenya apa dulu? Data game disimpan di “cloud” atau di perangkat? Kalau tipe game yang datanya ada di cloud, gapapa pindah ke perangkat lain, datanya bisa didownload lagi.

      Kalau gak salah ada opsinya yang di perangkat lain itu kita ‘hapus’ jadi kita bisa claim data game ke perangkat baru. Memang satu nomer/akun di LINE cuma bisa di 1 gadget mobile dan 1 laptop aja sih, Ole. Semoga membantu ya :)

      1. aku maen “lets get rich” mba line nya aku pake ID facebook…
        jdi data save game dari hp lama kehapus tapi pindah ke hp yg baru ya mba.?
        nah di hp yang baru ini udh ada ID line nya juga mba, mksd aku klo kita uninstal line nya trus kn daftar bru lgi tuh trus aku masukin ID yg dari hp lama itu save game nya hilang atau masih ya…
        sayang banget takut ilang data nya..

        1. Iya di perangkat lama nanti gak usah logout ID lama juga akan ter-logout begitu login di perangkat baru dengan ID lama.

          Jadi gak usah uninstall sih, langsung login dengan ID lama, save game selama dia ada di ‘cloud’ ya akan ada lagi semuanya. Saya gak main Let’s Get Rich jadi gak tahu persisnya, tapi semua game LINE sekarang kayaknya udah ada di cloud kok :)

  14. Natalia Post authorOctober 1, 2014 at 12:28 pm

    Halo Gio, aku sudah coba lagi nih. Iya memang tidak ada “skip” nya, tapi kalau aku ikuti prosesnya, hanya harus konfirmasi dengan PIN, lalu bisa login lagi, dan nomor telpon di LINE tetap kosong.

    Semoga membantu yah.

    ^
    |

    posting diatas, yang dimaksud PIN Game center kah ? dapetnya dari mana kakak?

    1. Halo Denny, bukan PIN Game Center. Ketika kamu login, kamu diminta mengisi angka PIN kamu (yang sudah pernah kamu set sebelumnya) di LINE. Dapat dari mana? Ya dari kamu sendiri yang setting sebelumnya. :)

  15. Kak, kemarin gak sengaja aja aku kehapus aplikasi line nya kak. Terus aku download ulang. Malah gak bisa login kak, aku uda masukkan email sama password yang benar kemudian nomor teleponnya tidak valid katanya. Ini gimana yaa kak?

  16. Saya sebelum nya udh registrasi line id ke email, trus pas saya log in di hp baru disana di blg invalid number trus minta pin sedangkan saya pas registrasi ke email gak pake pin . mohon bantuan nya min

    1. Halo Wahyu. Pertama, saya ini bukan mimin. PIN akan dikirim ke nomor handphone kamu, jadi tidak masalah kalau kamu registrasi dengan email. Lanjutkan dulu saja prosesnya.

      1. Hehehe maaf ya mbak

        Saya udh ikut proses nya mbak
        Tapi ketika waktu ngirim verifikasi kode semua no yg saya masukan invalid number katanya mbak
        Itu kenapa ya mbak ??
        Padahal email dan pass line id benar kok .

        1. Nanti saya coba lagi ya, tapi setahu saya, kode verifikasi dikirim ke nomer handphone kamu dan itu sesuai dengan nomer HP+email+ID yang pernah kamu registrasi sih.

          Selama ini kalau pindah gadget, saya gak ada masalah, nanti saya coba lagi deh ya

  17. Saya ingin bertanya bagaimana untuk log line, jika saya hanya ingat sya id dan email yg terdaftar. Tapi saya lupa log out yang lama. Karena hp lama saya telah terjual .
    says sdh mencoba untuk masuk tp salah pasword terus,bagaimana solusinya?

  18. Dear mba natali, mba aku mau tanya dobg. Aku pengguna aktif line. Dan rajin membeli stiker berbayar line. Aku ada rencana mengganti hp, tapi takut kalau semua contak line , home dan stiker yang aku beli itu terhapus semua. Karena dulu saya ganti hp dan pindah perangkat, id line dan nmr hp yg tetep sama semua yg ada di id aku itu ilang. Kira” ada cara gak supaya saat aku ganti hp dan pindahin id line, tetap home line dan stiker berbayar aku tetap ada? Tolong bantuannya ya mba.. makasii :)

    1. Kalau contact LINE harusnya tetap ada kok begitu login di perangkat baru. Nah kalau sticker harus download ulang semua, tapi kalau sudah beli, gak perlu beli lagi :). Kalau Home Line maksudnya apa nih ya hehe

  19. Kak tanya dong, kalo re-install line ntar history chat nya hilang semua ngga ya? Ngga rela kalo ilang huhu :(
    Trus kalo login ulang pake nmr telfon kyk waktu daftar dulu ngga sih, soalnya nmrku yg sekarang ganti :(
    Tolong dibantu dong kak, makasih

    1. Hai Aning, iya kalau re-install, history chat akan hilang semua.. Bisa sih disave ke file txt, tapi gak akan muncul di app lagi saat re-install (ini cuma buat kamu baca saja di txt viewer, dan gambar icon/emoji/stiker di history txt ini akan hilang).

      Seharusnya login bisa pakai email + password, atau pakai akun FB, lalu nanti ganti nomer hp. Kalau gak salah gitu yahh..

  20. Maaf ka mau tanya, line saya udh di log out tapi lupa blm di set PIN nya, pas saya mau log in lagi disuruh masukan PIN, saya masukan 4 angka no HP (recomend dibawahnya) tapi gak bisa masuk, saya coba lebih dari 5x yg ada kesananya error. saya udah coba restart, terus sampe nyoba di instal lg line nya, tp ternyata tetap sama hasilnya, error terus. kira-kira penyebabya apa karena salah masukan angka beberapa kali atau memang sistemnya lagi error? Mohon bantuannya ka, terimakasih.

    1. Halo Alqo, setahu saya ketika setting profile maupun logout, tidak ada set PIN kok. Coba login lagi saat gadget kamu terhubung dengan koneksi yang baik (misalnya pakai wifi), lalu kalau masih gak bisa, coba saja opsi “Forgot password”, nanti LINE akan kirim link untuk reset password ke email kamu yang terdaftar. Jadi pastikan kamu bisa buka email yang dipakai mendaftar di LINE terlebih dulu ya :)
      Semoga membantu..

      1. kak kasusnya sama kaya aku nih, line nya minta pin udah berkali kali segala cara udh di coba tp ttp ga bisa masuk kak gimana dong :(

  21. Kak, nanya banyak gapapa kan? ._. 1.) Apa ada cara biar bisa ngesave history chat? 2.) Bisa nggak login di 2 hp? Kalo bisa, apakah history chatnya sama antara 1 hp dengan yang lain? 3.) Kalo udah login pake hp trus login pake laptop, history chat yang di hp bakal ada di laptop nggak? Eman historynya :( Makasih sebelumnya

    1. Hai Elena, aku coba jawab sebisa aku yaa..
      1. Bisa disave tapi cuma ke bentuk file (formatnya .txt), stiker-stikernya gak muncul kalau di dalam file itu.. Coba aja di window chat yang mau kamu simpan, cari di menu atasnya “Chat Settings” yah
      2. Gak bisa login 2 HP kalau LINE. Hanya bisa 1 HP dan 1 komputer. Kalau aplikasi lain (misalnya Telegram atau Hangout) bisa login di 2 HP berbeda dan historynya sinkron
      3. History di HP dan laptop akan sinkron kok.

      Semoga membantu yaaa :)

  22. Ka kalo yang aku di iphone ga sengaja ke hapus linenya pas udh di download terus di log in lagi gak bisa pasa verifikasi nomer tlp invalid nomer lalu log in pake facebook harus masukin pin sementara aku belom pernah pake pin… Mhon bantuannya

  23. Kak.saya mau tanya . Knp contact line saya berkurang 1. Padahal saya tdk remove temen saya itu. Pertanyaannya apakah mungkin kita di delcon di line sama seperti pada BB.. saya mau add lgi temen saya tpi tkutnya dri dia yg remove saya.

    1. Hai Anisa, di LINE setahu aku tidak bisa remove friend seperti delete contact, tapi bisanya block contact. Kalau kenapa bisa berkurang satu, aku kurang tahu juga nih..

  24. Ini beneran stickernya gak ilang kan kak? Soalnya aku beli sticker + theme banyak , tkutnya ntar pas log in lagi ngga bisa didownload lgi ‘-‘

    1. Gak tuh Vivian, aku ganti2 gadget, sticker gak hilang tapi harus download ulang. Yang sudah dibeli tetap jadi milik kita. Kalau yg gratisan, begitu kadaluarsa ya gak bisa didownload lagi deh.

  25. Hai Ka.. Aku Mau Tanya, akun line aku kan suka di clear data trus pas log in lagi & stiker Saya ada tulisan (terjadi error, coba lagi nanti). Itu solusinya Gmn ya Ka?

    Mohon di jawab, makasi :)

    1. Itu mungkin susah loading sticker (atau download ulang) karena masalah sinyal sih, coba connect ke wifi untuk login ulangnya :) semoga membantu yaa

  26. siang mba saya uninstall line di ios tp ga di log out dulu ketika install ulang dan log in lalu masukkan pin, pinnya salah padahal kan 4 nomor belakang hp yaa setelah itu muncul pesan ‘you have exceeded the maaximum number of attempts for loging in’ tetapi saya masih bisa menerima notif line jd gimana ya mba dicoba log in ulang malah invalid number

  27. Mau tanya dong:)
    Apakah jk logout line, semua contact akan hilang? Jk iya, bagaimana agar contactnya tetap ada (tdk ada 1pun contact yg hilang)
    Terimakasih

    1. Kalau logout kemudian login lagi, contact tidak akan hilang. TAPI jangan lupa register email atau akun FB dulu supaya bisa login lagi dengan username yang sama. :)

  28. kak mau minta bantuan, aku ganti hp trus mau login LINE tapi kenapa ya saat verifikasi menggunakan nomor selalu salah padahal email Dan passwordnya udah bener tapi selalu nomor salah padahal sinyalnya ya bagus
    Tolong bantuannya kak Natalia

  29. hai kak aku mau tanya dong hehe aku pake line di iphone. aku udah verifikasi nomer telp aku tapi aku mau ganti nomer nih kak.. kalo aku ganti nomer kan harus cabut simcard nya. kalo ganti simcard baru, yg hilang dari line apa kak?

    1. Kalau simcard dicabut sih LINE masih terdaftar di nomer lama, tapi gak ada berubah apa-apa deh. Nanti kamu harus daftar/ganti nomer dengan yang baru saja di LINE yah setahuku.

    1. Kalau di Android dan iPhone lay outnya agak beda, tapi seharusnya isinya sama. Dulu di Android ada menu logout, tapi sekarang sudah gak ada juga sih.

  30. kak aku udah masukin email dan password, tapi malah di mintain pin nya dan aku lupa pin nya apa. jadi itu gimana ya kak?

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s