Bukan Sembarang Janji

Bukan cuma pasangan saja yang bisa mengucapkan janji di depan umum (contoh paling jelas ya dalam janji nikah), brand juga bisa lho membuat janji, untuk dan di depan umum. Oh ya? Iya, bisa saja dong. Belum lama ini, tepatnya hari Rabu lalu, saya ikut hadir menjadi salah satu tamu dalam acara launching Brand Promise terbaru dari CIMB Niaga di Soehana Hall, Energy Building, Jakarta, yaitu “Forward”.

Ini sekilas foto dan video dan dari acaranya:

This slideshow requires JavaScript.

Apa sih itu Brand Promise?

Ada teman saya di Twitter yang bertanya ketika saya membuat status-status di Twitter tentang acara launching tersebut. Dia bertanya, “Brand Promise itu semacam tagline ya?” Kalau boleh mencoba menjawab, menurut saya sih brand promise berbeda dengan tagline, dan menurut pengertian saya yang awam ini, secara hirarki, promise lebih tinggi dari pada tagline dan bisa ada turunannya menjadi tagline, baik untuk tagline campaign ataupun produk-produk. (tapi ini menurut saya yaa…)

Saya menjawab demikian didasarkan apa yang saya lihat sendiri dari cara CIMB Niaga menjelaskan brand promise mereka dan kaitannya dengan produk serita kegiatan-kegiatan mereka. Dalam sambutannya, Presiden Direktur CIMB Niaga, Pak Tigor Siahaan menjelaskan kalau Forward ini “menunjukkan komitmen kami untuk terus berkembang dan maju bersama nasabah dengan senantiasa memenuhi kebutuhan mereka.”
Kata “komitmen” sendiri setelah saya cek di KBBI memang definisinya adalah “perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu.

Yang menarik dan saya sukai, menurut saya Forward terasa lebih ada ‘tujuannya’ yaitu untuk berkembang dan maju, dan membawa semangat untuk ‘bersama-sama’ yaitu antara CIMB Niaga dan nasabah-nasaban mereka. Kalau saya coba terjemahkan sendiri, berarti tersirat di sini, harus ada target/goal untuk menjadi lebih baik, atau harapan dan mimpi yang dikejar, dan ini memang relevan banget untuk orang-orang, di jenjang hidup apapun.

Sebelum ada “Forward”, brand promise dari CIMB Niaga adalah “Inovasi Dari Hati”. Menurut saya janji yang terdahulu itu kedengarannya boleh juga, tapi kalau membandingkan emosi atau feeling yang saya dapat, saya lebih suka dengan Forward karena lebih menggugah. Lebih masuk buat saya sebagai bagian dari generasi milenial yang kekinian. *tsahh

Nah, CIMB Niaga memang sudah memiliki banyak produk ataupun campaign, dan semangat Forward ini bisa dipadankan dengan itu semua, dengan turunan slogan (apakah ini tagline?) baru. Misalnya saja untuk anak muda, ada Forward>Your Dreams atau Forward>Your Future, yang memiliki produk tabungan masa depan dan KPR.
Yang lebih spesifik, untuk yang memang mengejar gaya/fashion terkini, ada Forward>Your Style dengan produk kartu kredit yang khusus (belum tahu detailnya apa nih), lalu untuk mereka yang memiliki bisnis sebagai wirausahawan/entrepreneur ada Forward>Your Business.

Di luar itu, untuk berbagai kegiatan dan event, hadir Forward>Your Happiness – contoh eventnya adalah The Color Run (wah kebetulan aku malah belum pernah mencoba ikutan nih), lalu ada Forward>Your Network untuk acara seperti Indobuildtech (pameran tahunan tentang konstruksi dan design). Semangat Forward ini juga bahkan diterapkan dalam internal CIMB sendiri untuk karyawan mereka, menjadi Forward>Your Career.

Karena saya bagian dari generasi muda yang semakin matang, Forward>Your Dreams dan Forward>Your Future beserta produk-produknya itu yang paling saya lirik sih, karena memang sesuai dengan kebutuhan saya yang akan datang, membangun rumah idaman, atau melanjutkan pendidikan tinggi.

Coba bisa juga lihat video tentang Forward>Your Dreams di sini:

Kalau Forward>Your Future bisa lihat video ini:

Di acara kemarin, ternyata ada juga sejumlah teman saya yang hadir dan tentunya berujung pada saling asik ngobrol mengupdate tentang ini itu dan juga selfie/wefie ramai-ramai :D Ini ada bukti fotonya heheh ^^:

Dewi kemujuran rupanya juga sedang menaungi saya sehingga saya beruntung menang undian doorprize (wiiii!!) dan juga jadi salah satu pemenang lomba livetweet! Haha.. Lumayan banget saya bisa mendapat hadiah dobel, yaitu dua kali saldo rekening ponsel 500ribu, jadi total sejuta deh xD Saya memang sudah punya rekening ponsel, jadi tanpa proses ribet, panitia langsung mengirim saldo ke rekening ponsel saya. Yes! Semoga bisa jadi modal untuk kejar mimpi saya, dan semoga gak habis dipakai belanja hedon. #eh

Nah kalau brand saja bisa memberi janji dan komitmen untuk maju, selayaknya dimulai dari diri kita sendiri dong ya; kita harus memiliki mimpi, berusaha meraihnya, membuat janji-janji untuk diri sendiri, lalu menunaikannya. Kalau janji dengan diri sendiri saja susah ditepati, gimana dengan janji ke orang lain tuh? *jreng jreng

Beberapa bulan ini saya sih berusaha tetap setia dengan membuat bullet journal, nanti saya ceritakan ya di post terpisah (foto utama di sini adalah teasernya :D).

Jadi, kalau kamu, apa saja sih yang jadi mimpi kamu, dan janji terhadap diri sendiri apa yang sudah kamu buat? :)

Advertisements

11 thoughts on “Bukan Sembarang Janji

  1. Salah satu mimpi aku yang mulai diwujudkan beberapa bulan terakhir ini adalah mendonasikan minimal 2 buku/bulan untuk dibaca oleh banyak orang. Dan aku senang, produk perbankan saat ini bisa memudahkan aktifitas donasi ini.

  2. Yang color run acaranya sudah terlaksana mbak. Para pemenang diajak jalan-jalan ke luar negeri China. Salah satu pemenangnya aku kenal, namanya Leoni. Keren emang CIMB Niaga mengkampanyekan brand promise terbarunya Forward gak tanggung-tanggung dan serius. Selamat yah menang dobel. Mantap jiwa. 👍😱

    1. Wah sampai dibawa jalan2 pula pemenangnya… kirain itu untuk acara fun run aja hihi. Makasih Mas Dede, sepertinya memang sedang mujur kemarin itu :) *terharu*

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s