Tentang “Cara Logout Line di iPad atau iPhone”

Terima kasih kepada semua pengunjung yang ternyata ‘mampir’ ke blog saya karena keyword “Cara Logout Line di iPad atau iPhone”!!

Iya, saya gak sengaja menengok statistik blog ini yang sedang ‘hibernasi’.. dan kaget juga, kok ternyata visit ke blog saya masih tinggi? Rupanya banyak yang membutuhkan info logout aplikasi Line di iOS ya? Buat apa sih? Buat melakukan koneksi VPN dan download sticker-sticker Line yang gratis di negeri orang ya? Hihihi..

Line Sticker Minion
Contoh sticker gratis Line, sticker Minion, hehe..

Baiklah, untuk tidak mengecewakan pengunjung yang selama ini mendapat hasil hampa, saya akan uraikan cara log out Line di iPad atau iPhone. Cara ini sudah pernah saya praktekkan di iPad saya, tapi belum pernah di iPhone (karena gak punya, karena hilang dimaling orang). Seharusnya sama saja kok di iPhone maupun iPad.

Sebenarnya simple, tapi ada persiapannya. Terutama karena kalau kamu logout, kamu akan mau login lagi kan? Jadi begini langkah-langkah yang ‘aman’-nya.

Persiapan log out dari Line (iPad atau iPhone)

  1. Pilih “More” – “Setting” – cek di bagian “Profile” dan “Account” hal-hal sebagai berikut:
    • “Profile” – Apakah kamu sudah punya user ID (untuk memudahkan login)
    • “Account” – Daftarkan/lakukan registrasi dengan alamat email kamu (juga untuk mengamankan login dan data kamu), ATAU
    • “Account” – Link akun Facebook kamu dengan ID Line kamu
  2. Kalau sudah aman (ada user ID, ada email atau akun Facebook untuk ‘back up login’ kamu:
    Cek ke history chat kamu. Kalau ada yang penting dan ingin/harus kamu simpan, lakukan ‘export chat history’ dengan memilih menu kanan atas – “Setting”

Oke, yang di atas itu sih baru persiapannya. Next, kita lanjut ke cara logout. Terus terang saja, ini sebenarnya cara “logout paksa” karena pilihannya tidak ada dalam menu setting Line (iOS) yang tersedia.

  1. Keluar dari aplikasi Line.
  2. “Tap” dan tahan jari kamu di icon Line sampai ‘goyang-goyang’ dan di pojok kiri ada tanda silang putih di bulatan hitam. Seperti gambar berikut ini (abaikan jumlah notifikasinya yang angka 48)Uninstall Line
  3. (Mungkin kamu sudah menebak apa selanjutnya) Uninstall aplikasi Line kamu.
  4. Dari App Store, download ulang dan install “Line” untuk gadget kamu.
    Karena tidak ada Line khusus untuk iPad, ketika melakukan search, jangan lupa pilih “iPhone Apps” di sisi atas hasil pencarian.Search Line di AppStore
  5. Buka kembali Line (untuk pertama kali setelah reinstall) dan kamu akan mendapatkan Line dalam keadaan belum login.

Untuk re-login, cukup memasukkan user ID / email login dan password kamu seperti yang telah kamu lakukan di langkah persiapan.

Hal yang penting diketahui, berdasarkan pengalaman saya:

  • Stiker-stiker kamu di aplikasi Line akan ‘hilang’ meski kamu sudah login kembali – tapi jangan kuatir, semua stiker yang sudah pernah kamu beli, statusnya tersimpan di “cloud”,  jadi kamu tinggal mendownload ulang saja, tidak perlu membeli ulang.
  • History chat kamu akan terhapus. Tapi contact list kamu seharusnya tidak ada yang hilang.
  • Saat kamu login kembali dengan user ID atau email, ada pilihan untuk memasukkan nomor telpon kamu, dan ini bisa di”skip”. Kalau kamu akan melakukan koneksi VPN, jangan masukkan nomor telpon.
  • Kalau kamu menggunakan program Line chat di komputer, sticker-sticker dan urutannya di dalam program Line chat komputer tidak akan terpengaruh (tidak hilang sama sekali).

Disclaimer: Segala resiko apapun (kehilangan sticker, contact, ataupun login game dan lainnya) ada pada masing-masing pengguna. Penulis tidak bertanggung jawab atas masalah yang terjadi jika pengguna memutuskan untuk mencoba langkah-langkah di atas. Please mind your own risk. 

Semoga membantu, dan kalau ada masukan dan saran, berdasarkan pengalaman kalian, jangan lupa untuk share juga ya. Siapa tahu ada hal-hal yang perlu saya update dalam blog post ini.

Soal koneksi VPN saya tidak bahas dulu ya, kecuali ternyata pada butuh juga hehe..

Cheers!

233 thoughts on “Tentang “Cara Logout Line di iPad atau iPhone”

  1. Kok pas aku pengen buat baru aku udh tulis nomer nya betul malah nomor tak valid terus pake Facebook malah gagal mendaftar terlalu banyak hapus account kali ya

  2. Maaf mau tanya, saya mau ganti nomor telfon saya diline apakah contactnya nanti akan hilang? Cara yang paling tepat agar contact tidak hilang gimana yaa? Thankyouu!

    1. Nah saya yang ini belum nemu caranya supaya saat pindah gadget, history lama masih ada. Bisanya diexport ke file txt sih sebelum logout/pindah gadget, tapi kalau di txt, stiker2nya gak muncul deh..

  3. kak, mau nanya.. kalo setingan ‘account’ d i ipad dmana yah . soalnya gak ktmu utk pngaturan account line nya nih… gak tau gmana caranyaaa.. soalnya kan login line d ipad harus pake email ? mhon bantuan pencerahannya.. terimakasih…

    1. Kalau login ID yang sudah pernah diregister, memang harus pakai email, ini sama saja di iPad iPhone atau HP Android apapun. Ini pertanyaan kamu maksudnya pengaturan account saat sudah login atau sebelum login? :)

      1. Pertanyaan saya sama mba dimana ya setting-account di tab setiing ipad, sy jg g ba nemu jd ipad sy smpai skrg blm bs login selalu ada notif/warning “you cant lo in as Allow Login is switched off in Settings-Account-Allow Login
        Mohon pencerahannya, thanks before

  4. Ka , aku mau mindahin line dr ipad ke hp andro aku, tp sticker yang di beli di ipad aku udh banyak bngt, kalo aku mindahin ke hp andro , apa stickernya bakal kepindah juga atau malah kehapus ? Tolong jwb ya ka trmksh

    1. Stiker yang kamu beli akan bisa di-redownload kok kalau kamu login dengan akun yang sama. Memang download ulang semua, tapi gak perlu beli lagi tuh, Anggi. Semoga menjawab ya ^^

  5. Makasih buat artikelnya ya. Sebenernya sangat disayangkan kalau harus re instal ulang ya. Karena kalau menurut saya ini caranya agak ribet. Tapi enggak apa2 kalau memang ini satu2nya cara.

    Kalau berkenan kunjungan baliknya ya ke personal website saya http://www.febry.in , semoga bermanfaat

  6. Selamat pagi mbak Natalia.Saya mau tanya tentang LINE. Saya biasa menggunakan LINE di 2 perangkat. BB dan Laptop. Kebetulan sejak menggunakan LINE saya sudah mendaftarkan email sehingga bisa digunakan untuk login di Laptop. Oh ya, baru dapat Tab nih. Ya tentu segala aplikasi chatting dan medsos sudah dipasang di Tab. Nah giliran buka LINE di Tab baru tersebut, khan ada pilihan “Login” dan “Daftar Baru”, tentu saya pilih “Login” dong, mbak. Kemudian saya masukkan email dan sandi yang biasa saya gunakan waktu login di Laptop. Tapi kemudian muncul peringatan “Akun LINE lama Anda akan dihapus. Riwayat obrolan juga akan dihapus. Lanjutkan ?”, nah karena saya gak tau maksud dari peringatan itu maka saya pilih “Batal” karena saya kuatir kalau akun LINE yang selama ini saya gunakan akan dihapus yang otomatis kehilangan kontak-kontak LINE saya. Nah yang mau saya tanyakan, maksud dari peringatan itu apa, mbak ? lantas apakah bisa Akun LINE saya login di 2 perangkat sekaligus, BB dan Tab Android ? Karena biasanya saya login LINE di laptop, tuh posisi LINE di BB juga nyala. Mohon penjelasannya mbak Natalia . Terima Kasih.

    1. Hai Sofyan, singkatnya begini, satu akun LINE tidak bisa login di 2 perangkat mobile sekaligus (tablet/handphone). LINE hanya membolehkan untuk login bersamaan di satu komputer (laptop) dan satu perangkat mobile (tablet/handphone). Jadi saat mau login di perangkat mobile baru (dan kondisinya sedang login di perangkat lain), saat memilih “Lanjut” maka akun di perangkat yang lama akan ‘dipaksa logout’ dan history chat akan hilang. Di perangkat baru, contact2 LINE semua akan tetap ada kok selama sudah di’sync’ di server LINE. Stiker2 yang sudah pernah dibeli akan bisa di-redownload tanpa beli lagi. Semoga ini membantu ya :) Terima kasih sudah meninggalkan komentar di sini ^^

      1. oke. jadi sebenarnya sederhana ya mbak , bahwa akun LINE yang sedang login di BB akan log out otomatis saat saya memilih pilihan diatas saat memulai login di Tab ? tanpa kemudian saya kehilangan data kontak-kontak saya seperti itu ?

        1. Betul sekali :). Data contact tidak akan hilang karena synced di server LINE, tapi history chat mungkin hilang yah. Stiker yang pernah dibeli akan bisa didownload ulang kok tanpa beli lagi (fyi) :)

  7. Pagi kak mau tanya, kemarin Line saya ke log out sendiri setelah bisa log in ternyata chat hilang semua, misal saya baru mau buka line di Laptop hari ini apa chat yg kemarin yg hilang bisa muncul lagi kak ?
    Mohon bantuannya :)

    1. Hai Fika, kalau sudah logout, history chat kayaknya memang akan hilang, jadi tidak bisa muncul lagi :(

      Kalau kamu ada history yang pengen diselamatkan, export ke txt sih (sebelum logout). Nah sekarang harapannya tinggal coba minta ke lawan bicara kamu, history dia masih lengkap gak, lalu minta diexport ke txt dan kirim ke kamu deh :)

  8. Mbak mo nanya nih, saya menggunakan 2 akun line d BlackBerry, dan akhir2 ini 1 akun saya tidak bisa login (padahal udah beda nomor teleponnya, 1 di hape lain), terjadi error coba lagi, udah 1 hari, gmna ni mbak solusinya. Thanks

    1. Errornya pas login? Biasa sih paling awal ya coba pastikan mencoba login saat menggunakan jaringan wifi. Paling standar itu gagal login karena koneksi jelek. Semoga membantu yah :)

  9. Mau tanya ka, yakin kalo udah dihapus atau clear data sticker yg sudah dibeli tinggal download ulang tidak usab membeli lagi?soalnya butuh perjuangan buat dapetin coinnya ka hehehe,tujuannya saya gamau login pake nomor aja ka.
    Makasih sebelumnya ka,tinggu banget kepastian infonya ka.

    1. Hai Rama. Dihapus atau clear data ini maksudnya apa yah? Pindah ponsel? Lalu nanti login pakai apa? Alamat email yang sama dan akun yang sama?
      Jadi sepengetahuan saya begini, begitu akun kamu sudah terdaftar dengan alamat email tertentu (atau akun Facebook tertentu), ketika pindah ponsel (atau tak sengaja terhapus, lalu harus login ulang), kamu bisa download ulang stikernya. Karena data tentang kepemilikan stiker itu akan ‘nyangkut’ di data akun – yang dikenali dari login email. Login email biasa diverifikasi ke nomer HP yang sama, tapi itu sih bisa diakalin alias bisa saja ganti nomer lagi, kalau gak salah ya.

      Semoga membantu :)

  10. Gini… line udh di log out paksa di iphone.. tapi pas aku mau log in di andro malah gagal.. trus ku coba bikin akun baru. Pas cek id akun lama ku malah tidak di temukan, aku jg sempet save barcode nya,,, tetep aja gitu.. jadi nyesel pake iphone nih..

  11. hallo.. mau nanya dong.
    android ku rusak & mau buka line di bb. tapi pas isi PIN gagal trs udh berkali kali coba. trs ada tulisan yg intinya “udh masukin pin berkali kali, hrs tunggu beberapa saat”. besoknya aku coba buka di pc tapi & muncul tulisan “we are currently unable to log you in. please wait a moment & try again”.
    aku takut line ku yang lama gabisa dibuka lagi & contactnya hilang semua. tolong solusinya ka :(

    1. Hai Amy, kalau kamu yakin hafal email login kamu dan passwordnya, menurutku memang lebih aman coba dulu buka di laptop/komputer/PC, supaya yakin passwordnya tidak salah.

      Sudah dicoba berapa kali di PC? Siapa tahu memang itu sempat susah login karena kualitas koneksi internet kamu. Siapa tahu yah… Moga-moga cepat bisa terselesaikan :)

  12. aku udah coba di PC berkali kali. tadi aku tunggu dl sekitar 4 jam trs login lagi. masih muncul tulisan yang sama. agak hopeless kenapa bisa begini line nya :(

  13. Mbk boleh tanya gak?ini kan teman line saya masih 4000an,,,pas add teman lagi kok teman gak bisa menerima add saya ya,,,dia bilang kalau ” pemilik akun ini sudah tidak bisa menerima pertemanan lagi”,,,aku lihat” kan kalau line maximal itu berteman hingga 5000 orang,jadi dulu kalau udah gk bisa aku biasanya banyak yang aku blokir lalu ku hapus bisa lagi add teman,,sekarang sudah gk bisa lagi,,,bisa kasih solusi gak?soalnya pertemanan selalu penting untuk bisnisku?

    1. Hai Ruma, kalau kamu menggunakan LINE untuk bisnis kamu, mungkin sudah waktunya kamu menggunakan akun LINE untuk bisnis, dan gak menggunakan akun personal biasa? Baru-baru ini LINE sudah meluncurkan akun untuk bisnis (bisa untuk bisnis kecil/besar, katakanlah mirip dengan Official Account dari artis gitu) dengan nama LINE@. Coba kamu cek tentang LINE@ di website mereka ini: http://at.line.me/id/ (ini dalam bahasa Indonesia kok) dan pertanyaan umum (FAQ) mereka di sini: http://at.line.me/id/faq

      Semoga berguna ya :)

  14. mba mau tanya dong saya kan mau login line di hape nah setiap masukin nomer awalnya bisa dan pas masukin PIN salah terus dan akhirnya saya coba lagi tetapi pas say login lagi dan saya masukin nomer saya malah ada tulisan “nomer telepon tidak valid” kenapa yah mba?

    1. Hai Isti, apakah memang betul akun LINE kamu terdaftar di nomor HP yang sama? Kalau betul sama, seharusnya PIN tidak gagal.. Apa mungkin pernah ganti no telpon dan di dalam akun LINE nomornya tidak ter-update ya?

  15. Hai mbaa saya mau nanya kalo saya mindahin akun line dr iphone ke android kontak nya pada ilang ga ya? Tapi suatu saat saya bakal balik lagi ke iphone soalnya iphone nya lagi di perbaiki. Gimana ya mba? Hehe

    1. Hai Widhiarti, kontak2 di LINE tersimpan di Cloud kok, jadi gak hilang ASALKAN bisa login dengan email yah. Jadi sebelum ganti gadget jangan lupa register account dengan email atau FB yah :)

    1. Hai Riku, install ulang dengan catatan “Jangan langsung logout tanpa register akun terlebih dahulu”, karena tanpa registrasi dengan email atau akun Facebook, nama akun tidak bisa dipakai lagi :)

  16. siang, kenapa ya stiker sy ga muncul padahal di setting stiker ada d udah sy dwld.pas mau chat ga ada pilihan stiker, yg ada cuma emotion dll.makasih

  17. Kak, mau tanya dong. Dua hari lalu akun line saya ke log out sendiri setelah iphone saya matikan. Notifikasi chat line saya tetap masuk, tetapi begitu buka akun saya malah disuruh login dulu. Trs saya login pakai email dan disuruh verifikasi nomor tetapi malah nomornya tidak valid lalu lwt facebook. Akun saya bisa terbuka tetapi cuma 2 detik saja langsung logout sendiri di iphone. Padahal nomor itu yg pertama kali saya gunakan waktu mendaftar akun line. Adakah solusi untuk saya kak? :( Terimakasih

        1. Hai Adityakevin, get rich setahu saya gamenya juga sync ke data LINE di cloud, jadi seharusnya data game tidak akan hilang meski pindah gadget.

  18. Kak,kalau mau mindahin akun ke andro dan di andro kita mendownload tema .setelah selesai mendownload tema kita kembalikan akun ke iphone lagi.itu temanya bisa dipakai di iphone?

    1. Ya gak bisa, temanya itu diingat di gadget. Saat balik ke iPhone harus download tema lagi. Btw satu akun ga bisa dipakai barengan di dua mobile phone ya, salah satu aja yang aktif, yg satunya lagi pasti auto logout.

  19. Kak aku mau tanya.. Baru banget aku install ulang line aku di iphone. Pas aku log in tapi kontak semuanya ilang. Hanya ada friends yang ada no telp di hp aku. Tapi friends yang aku add by id itu ilang semua. Tapi pas liat timeline ada beberapa official line yang masih update tapi aku cari friendsnya di aku gak ada. Itu kenapa ya ? Harusnya kan kalau pass dan emailnya benar itu ada semua ya kontaknya. Aku bingung soalnya beberapa ada yang penting :(

  20. Kak line saya kehapus di iphone 3 saya nah udh gtu gbsa download lgi dikarenakan ios yg ga memadai, terus saya downlod di android saya cuman keluar tulisan akun line anda akan dihapus. Dan chat anda akan dihapus. Maksudnya apa? Semua teman line saya akan ilang semua atau gmn? Terus supaya ga ilang digimanain? Sama tadi saya baca diatas cara sync itu gimana kalo situasinua seperti saya. Makasih kak sebelumnyaa.

  21. haloo mba, info dong kalo mau sambungin line ke fb jg tp email fb sama email line nya beda, nah pada saat mau login lagi nnti bermasalah gak ? mohon info nya ya thx

  22. Ka minta solusinya sekarang hp saya pindah tangan tapi akun line saya masih nyangkol terus sama si yg pegang hp saya sekarang uninstall langsung appnya ga di hapus akun dulu. Dia masuk akun line dia sendiri tapi notif yang muncul chat akun line saya, gimana tuh ka?

    1. Baru tahu ada kasus kayak gini :) Coba saja kamu login akun LINE dari hp lain, harusnya kan ter-logout dari handphone2 sebelumnya.. Kalau masih berlanjut kayak gini, sepertinya bug dari handphone sih, paling betul ya minta dia reset ulang hp. Kalau hp pindah tangan, paling betul sebelum dioper itu kamu reset hp dulu dong.

    1. LGR ini apa yah? Kalau game-nya bisa menyimpan data di cloud, aman-aman saja sih datanya. Misalnya LINE I Love Coffee (saya mainin ini soalnya), ngga ada masalah.

        1. LGR dari LINE juga ya. Saya nggak main jadi coba dicek dulu saja datanya cloud-based tidak. Login ulang pakai email, nggak bisa pakai username. Sebelum logout pastikan sudah ada email atau account FB yang linked yah Savi :)

  23. Kak,aku mau nanya ,HP aku samsung nih, nah kan aku uninstall line soalnya memorinya ga cukup ,pas udh berbulan-bulan jd kepengen download lg ,jd aku download pas mau log in ,trs aku pencet “ok” tiba-tiba muncul tulisan “akun line lama anda akan dihapus.riwayat obrolan juga akan dihapus ,lanjutkan?” Aku g berani pencet “lanjut” tktny data nya hilang semua , kakak tahu ga kenapa gitu?

    1. Login lagi pakai apa dulu nih ya? Kalau melihat pesannya, terlihat seperti registrasi akun baru. Kalau login dengan email, rasanya yang muncul sih biasanya hanya bagian “riwayat obrolan akan dihapus”…

      LINE ini memang kalau install ulang dan login bukan dengan email, jatuhnya (kalau gak salah) jadi registrasi baru.. Tapi aku harus cek lagi sih.

      1. Jadi gmn kak? Aman ga? Kalo aman aku pencet lanjutkan,Takutny data ny hilang semua, kalo riwayat obrolan sm kontak sih gpp soalny bisa aku add lg tp kalo data line games ny ilang kan sayang ,Mohon bantuannya Kak ,Makasih

  24. Ka saya mau masukan acc line ke hp baru saya, setelah saya isi registrasi terdapat nptif “akun line lama anda akan di hapus…lanjutkan?” semacm itu ka akun line d Hp sebelumnya kena bootlup dan sudah dijual hpnya.
    Kalo biar kontaknya ga kehilang gimana kak?

    1. Hai Nadi, lanjutkan saja, kan di HP sebelumnya udah ngga ada juga, sudah dijual. Kontaknya ngga akan hilang, karena sync di cloud kok. History chat akan hilang. Loginnya pakai email atau akun FB kan? Aman kok :)

  25. permisi maaf mengganggu,wkt itu sy mau buka line tp tbtb hrs log in ulang dan ternyata tdk bs log in sy disuruh memasukan pin gt.nah pin itu tuh buat apa mksdnya?dan bepengaruh gk sih no telp kt pd saat log in di akun lline?

  26. tiba-tiba line sy bermasalah, chat menjadi kosong dan teman menjadi 0 yg awalnya 400an, tp angka pada notif line tetap meningkat, cuman isi dr notifnya tdk muncul. lalu sy coba log in di pc, dan ternyata chat dan tmn sy tetap ada. Saya mau nanya dong kak, bagaimana agar line di hp sy kembali normal lg? apa sy harus menghapus app line dr hp sy? oh iya sy makai iOS, mohon bantuannya, terimakasih :)

    1. Saya gak bisa jamin hasilnya akan pasti, tapi mungkin perlu coba re-install app di iOS gadget kamu. Moga-moga berhasil ya. Jangan lupa pastikan kamu sudah register email kamu untuk dapat login lagi dengan username yang sama. :)

    1. Sis, iCloud itu kan sistemnya Apple, kalau LINE itu pakai ‘cloud’ sendiri. Coba aja ke shop dan cek stiker yang udah pernah dimiliki itu. Kalau udah pernah beli, tinggal dowload ulang tapi gak kena bayar kok.

  27. Kak mau tanya , kan hp android saya hilang dan LINE saya masih nyangkut di hape tersebut. tapi saya mau login di pc tapi waktu di pc dia minta masukin kode verifikasi ke hape saya yang hilang itu. cara menghilangkan verifikasinya gimana ya ? atau cara lain untuk login ke LINE pc ?

  28. Kak mau nanya gua punya akun line di iphone tapi ada juga di android. Pada saat aku buka di ipphone langsung kelogout. Terus aku buat baru akun line yang di iphone. Apakah di android juga berubah menjadi akun baru yang aku buat di android?

    1. Hai Nurwin, kalau kamu login di iPhone, yang di Android terlogout juga. Setahuku 1 akun LINE hanya bisa di 1 ponsel (baik iOS maupun Android) dan 1 komputer.

      Kalau kamu login lagi ke Android, ya tergantung email dan password, gak tahu masuk ke akun baru atau akun lama. Soalnya kamu jadi punya 2 akun kan?

      Semoga membantu.

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s