#HappyBloggers ke SEA Aquarium

Tulisan pertama dan kedua trip #HappyBloggers bisa dibaca di sini dan sini.
[Disclaimer:tulisan ini memuat banyak foto-foto] 

Masih dari perjalanan Singapura bersama #HappyBloggers di Januari lalu, kami sempat mengunjungi S.E.A. Aquarium yang ada di Resort World Sentosa (RWS), Singapura. Salah satu atraksi di RWS ini adalah USS alias Universal Studio Singapore, mungkin teman-teman sudah pada pernah ke sana juga ya? Saya malah belum pernah hehe, jadi kunjungan kemarin itu adalah pertama kali saya ke RWS dan karena keterbatasan waktu, memang khusus cuma mengunjungi S.E.A. Aquarium saja.

Sebelum masuk melihat Aquarium yang sebenarnya, ternyata di jalur masuknya sekaligus merupakan museum maritim bernama The Maritime Experiential Museum. Jadi begitu masuk area S.E.A. Aquarium, kita akan disambut oleh kapal besar banget, yang ternyata merupakan replika dari bagian depan kapal Laksamana Cheng Ho. Iya, bagian depan saja, karena kalau mau seluruh kapalnya dibuat replika, butuh area yang jauh lebih besar lagi :D

Ini yang menyambut kami di dalam SEA Aquarium, besar!
Ini yang menyambut kami di dalam SEA Aquarium, besar!
Tim penyambut lainnya begitu masuk area museum
Tim penyambut lainnya begitu masuk area museum

Banyak display yang menarik di sepanjang museum ini, dan juga sejumlah tempat informasi yang interaktif karena ternyata berisikan panel digital.

Ini panel interaktif yang menjelaskan tentang salah satu instalasi
Ini panel (interaktif) yang menjelaskan tentang salah satu instalasi
Bisa minta hand painting juga di museum ini
Bisa minta hand painting juga di museum ini

Setelah melewati museum, untuk masuk ke area akuarium, kami terlebih dulu turun ke lantai bawah. SEA Aquarium ini ternyata besar banget dan banyak banget yang dapat dijelajahi!

Jadi pembagian di dalam Aquarium ini dibuat berdasarkan tempat asal/habitat asal para penghuni akuarium tersebut, yaitu: Strait of Karimata & Java Sea, Strait of Malacca & Andaman Sea, Bay of Bengal & Laccadive Sea, Ocean Journey, Open Ocean, Persian Gulf & Arabian Sea, Red Sea, East Africa, South China Sea dan ada area khusus ikan hiu, Shark Seas.

Saya tak memotret lengkap di semua kolam dan area, tapi ini sebagian besar foto-foto yang saya ambil selagi berada di dalam S.E.A. Aquarium itu. Enjoy!

Ada juga kolam dan area khusus untuk kita bisa menyentuh langsung bintang laut dan makhluk laut tertentu. Saya gak ikutan hihi, tapi Mbak Haya sempat ke area sini dan pegang-pegang bintang laut lho.

Ini kolam khusus untuk menyentuh langsung beberapa makhluk laut itu
Ini kolam khusus untuk menyentuh langsung beberapa makhluk laut itu

Ada ikan-ikan tertentu yang kalau difoto agak geli-geli banget gitu deh. Misalnya kayak gini, sejenis ikan pari yang asik banget nempel-nempel di kaca. Aaakkk geli liatnya (tapi difoto juga haha)

Tapi memang ada juga pemandangan yang cantik dan misterius dari akuarium-akuarium ini. Misalnya saja seperti berikut ini. 

This slideshow requires JavaScript.

Dan yang menghibur banget, ternyata sea jelly + lampu warna-warni itu jadi pemandangan indah tersendiri deh. Kalau dibiarkan kali saya bisa berlama-lama memandangi makhluk-makhluk geli lucu indah ini hahaha. Fotonya gak banyak, tapi nanti akan ada videonya lho!

Open Ocean
Nah kalau yang di atas ini banyak berupa kolam-kolam di kanan kiri sebagai ‘etalase’, Open Ocean merupakan kolam/akuarium besaaar banget dengan berbagai ragam penghuni laut meramaikan isinya. Ini keren banget dan besar banget. Pas saya foto panorama gini, ada pasangan lagi berdiri di tengah-tengah situ. Hihi.. kebetulan lho!

Memandangi Open Ocean
Memandangi Open Ocean (klik untuk lihat ukuran besarnya)

Susah sih menggambarkan dan memotret akuarium yang satu ini. Tapi beneran Open Ocean ini sangat mengundang untuk dinikmati berlama-lama, karena asik banget mengamati isi seluruh kolam yang besar ini.

Di ujung dinding kolam terjauh, ternyata ada deretan jendela kan. Kita gak bisa lihat apa di balik jendela itu sih (karena kaca di dalam air kan akan memantulkan bayangan sehingga berperilaku seperti cermin), tapi menurut guide kami, itu adalah kamar-kamar khusus/VIP yang bisa disewakan. Jadi kamu bisa menikmati tidur dengan pemandangan isi laut… Menarik? Saya kok agak serem kalau jendelanya kenapa-kenapa ya, tapi katanya sih ketebalan kaca ini 70/80cm lho, jadi pasti aman. (Tebel banget!!)

Di sisi kiri foto panorama tadi ada juga restoran dengan jendela menghadap akuarium raksasa ini. Dan di sebelah kanan foto, kita bisa menikmati “ruangan di bawah air” :D Coba lihat langsung di foto-foto ini:

Ini ruangan yang dinding dan atasnya terbuat dari kaca, berada di dalam kolam Open Ocean tadi
Ini ruangan yang dinding dan atasnya terbuat dari kaca, berada di dalam kolam Open Ocean tadi

This slideshow requires JavaScript.

Sudah selesai? Rupanya belum! Masih ada lagi lanjutan akuarium lainnya setelah Open Ocean yang luar biasa itu. Ada kolam berisi ikan-ikan cantik dan kecil seperti ini:

This slideshow requires JavaScript.

Lalu kita sempat melihat bagian atas akuarium yang sudah kami lewati sebelumnya, dan ada beberapa makhluk lainnya “sea eel” kalau gak salah yang suka banget seliweran di lubang-lubang gitu..

This slideshow requires JavaScript.

Akhirnya kami berada di area Sea Shark, yang jadi penutup dari SEA Aquarium ini. Saking besarnya area Sea Shark ini, jadi kami melewati lorong kaca di bawah kolam tersebut, dan “menikmati” ikan-ikan hiu lewat-lewat di atas kami. Lagi-lagi banyak lho yang asik nongkrong di sepanjang lorong penghabisan ini (kelihatan kan di foto hihihi)

Gak lupa selfie dong hehehe..

Sampai di sini saja cerita tentang SEA Aquarium bersama #HappyBloggers kemarin. Maaf ya fotonya banyak banget, hihihi.. Lain kali ke Singapura, coba deh kunjungi tempat ini ya!

Bonus!
Ada video yang saya buat dari kunjungan ke S.E.A. Aquarium ini, beri komen ya kamu suka gak :D

Info lebih lanjut bisa kamu baca di Website RWS/SEA Aquarium.

Kamu bisa juga cek tour yang tersedia di tab “Events & Programmes” dan info penting lainnya pada tab “Visitor Info.”
Oh ya ada peta lokasi juga yang bisa kamu download dari sini. Semoga berguna!

Advertisements

25 thoughts on “#HappyBloggers ke SEA Aquarium

        1. Bisa mbak selama pakai niat! :D Ini aku rekam semua videonya di HP ku lho (pakai smartphone Huawei Mate 7 hehehe). Pengen nulis reviewnya juga segera (banyak bahan, waktu nulisnya kapaann haha) ^^

    1. Makasih Adit!! :D Iya ini versi lebih besarnya Sea World, yang mungkin bisa juga dibuat keren yah. Tapi kalau ukuran kayaknya masih agak beda jauh, sekarang ini ^^

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s