Tips Akhir Tahun

Sebagai pekerja kantoran, akhir tahun biasanya berarti musim liburan akan segera tiba. Gak sabar rasanya buat berlibur dan lepas dari urusan kerjaan buat sementara waktu! Ya gak? Tapi sebelum liburan dimulai, berdasarkan pengalaman dan menurut pengamatan saya pribadi, ada beberapa hal menyangkut urusan kerjaan yang perlu dipertimbangkan atau dipersiapkan. Coba cek daftar tips akhir tahun berikut ini:

Menghabiskan sisa cuti.

Kondisi ini tergantung dari kebijakan yang berlaku di kantor, dan juga strategi penggunaan cuti masing-masing orang sih. Ada kantor yang mengijinkan hak cuti ‘diperpanjang’ ke tahun berikutnya, ada yang tidak. Kalau memang tidak, lebih baik jatah cuti dihabiskan di tahun ini juga.

Ada tipe orang yang jatah cutinya sudah habis dari tengah tahun, bahkan sudah ambil unpaid leave untuk menambah-nambah liburan mereka. Tapi, ada juga tipe orang yang sukses menjaga jatah cuti mereka hampir utuh sampai akhir tahun. Sayangnya, saya termasuk golongan pertama, jatah cuti sudah habis. Jadi gak ada lagi yang perlu saya habiskan deh :(

Oh ya jangan lupa kalau mau cuti panjang di akhir tahun, pastikan dapat persetujuan atasan, dan tidak bentrok dengan rekan satu tim. Istilahnya, harus ada yang tetap ‘jaga kandang’ selama musim liburan, iya kan?

Memanfaatkan jatah medical di kantor.

Berbeda dengan jatah cuti yang kadang bisa diperpanjang ke tahun berikutnya (tergantung kebijakan kantor), setahu saya jatah medical biasanya punya tenggat waktu lebih disiplin. Jatah medical tahun ini, ya buat tahun ini, dan tidak bisa ditambal sulam ke tahun berikutnya. Begitu berganti tahun, hitungannya kembali dari awal.

Kalau memang  punya jatah medical, ada baiknya dipakai untuk cek up kesehatan (tanyakan dulu apakah ini bisa di-reimburse atau tidak), atau dipakai untuk urusan perawatan gigi  rutin (yang bisa menjadi mahal kalau ada perawatan khusus), ganti kacamata, atau kebutuhan kesehatan khusus lainnya.

Saya belakangan ini bolak-balik ke klinik fisioterapi untuk perawatan fisioterapi, karena memang butuh (pergelangan tangan saya sudah kena Carpal Tunnel Syndrome nih nampaknya), dan sekalian pencegahan. Untungnya bisa ditanggung/diganti oleh kantor, hehe.
Sekalian, saya juga sedang menjalani perawatan saluran akar (rawat syaraf) di salah satu gigi saya. Ketahuannya gara-gara saya sering sakit kepala tuh.. Dan untung banget ditanggung kantor, soalnya mahal!

Meng-update profil di LinkedIn.

Ini tips penting apalagi bagi mereka yang sedang menimbang-nimbang untuk pindah kerja, soalnya akhir tahun itu sepertinya para recruiter lebih gencar beraksi (mungkin mereka mengejar KPI tertentu ya). Kalaupun tidak merencanakan pindah kantor, update LinkedIn ini sering banget kelupaan, dan baru buru-buru di-update ketika dikontak recruiter (pengalaman pribadi, haha..). Mumpung akhir tahun, sekalian deh update hasil kerja di tahun yang hampir beres ini.

Berdasarkan pengalaman, di bulan-bulan Oktober-November (dan mungkin sampai Desember ini) frekuensi yang mengontak biasanya akan meningkat. Saya sendiri, ada saja yang mengontak saya lewat LinkedIn message ataupun email, padahal sejauh ini sebenarnya saya tidak meng-update profil saya nih, haha.

Semua yang saya tulis di atas saya lihat terjadi di sekitar saya atau pengalaman saya sendiri. Kalau dari kamu, kira-kira apa lagi yah yang bisa ditambahkan jadi tips menjelang akhir tahun? Terutama yang terkait soal kerjaan atau kantoran yahh :)

Pas banget kan, besok sekarang sudah masuk bulan Desember ^^

Advertisements

9 thoughts on “Tips Akhir Tahun

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s