Mengatur Uang dengan Jenius

Saya ini tipe orang yang dari dulu ingin bisa mengatur keuangan dengan lebih baik, lebih cerdas. Dulu ketika belum menggunakan smartphone, saya berusaha disiplin dengan mencatat pengeluaran saya secara manual, dan melakukan budgeting juga secara manual. Tabungan untuk senang-senang? Hmm, dulu  ketika baru mulai bekerja, sebagai first jobber sih saya masih belum mampu menabung dengan disiplin. Soalnya, dengan gaji yang (rasanya sih) kecil, dan kemudahan akses ATM, gampang sekali terpakai untuk belanja atau foya-foya lainnya. Maklumlah, anak muda baru bekerja, hihi.

Dulu saya memantau keuangan ya manual begini (sumber: free photos)
Dulu saya memantau keuangan ya manual begini (sumber: free photos)

Saat sudah memiliki smartphone, saya suka mencoba berbagai aplikasi yang berguna untuk membantu pengaturan keuangan, misalnya berbagai aplikasi untuk memantau pengeluaran (expense tracker) sekaligus membuat budget. Lalu, saya juga mencoba beberapa aplikasi dari bank yang membantu saya melakukan transaksi perbankan secara online dan mobile (yang sering disebut sebagai mobile banking). Sejauh ini, dua hal tersebut expense tracker, dan mobile banking, dilakukan dengan terpisah.

Sekarang saya sudah memasuki jenjang hidup yang berbeda, hidup pernikahan, mengatur keuangan harus lebih matang lagi, karena sudah bukan menyangkut hidup saya sendiri, tapi hidup bersama dengan pasangan, dan kami berdua punya tujuan hidup bersama yang lebih besar dibanding tujuan hidup waktu saya masih single dulu (rencananya sih kami mau membangun rumah sendiri, doakan yaa).

Lebih matang dan lebih cerdas, kalau buat saya ya, harus bisa disiplin menabung sesuai dengan beberapa tujuan tabungan (iya sih disiplin adalah kunci) tapi tetap bisa bersenang-senang sewajarnya. Saya dengan pasangan saya, misalnya, masih suka makan enak, masih suka juga tertarik belanja barang-barang keren online maupun saat jalan-jalan cuci mata. Gak ketinggalan, masih punya liburan-liburan impian juga dong.

Nah baru-baru ini ada aplikasi perbankan yang baru diluncurkan, dan saya sempat ikutan diundang ke acara launchingnya. Mungkin kamu sudah pernah dengar, aplikasi Jenius? Iya, namanya Jenius, hihi. Boleh juga nih pilihan namanya :D. Tapi apakah si aplikasi ini benar jenius seperti namanya? Setelah saya coba sendiri, ternyata memang ada hal-hal yang gak ada di aplikasi perbankan online lainnya dan patut dipuji.

Untuk langkah-langkah instalasi Jenius, kebetulan sudah ada di blognya Chika ini, silakan lihat di situ saja yah, atau bisa juga lihat video YouTube di sini, karena saya mau langsung cerita kenapa bagi saya, Jenius ini menarik banget:

Fitur-Fitur Menarik dari  Aplikasi Jenius

Yang pertama memikat hati saya dan menurut saya unik banget, adalah adanya Cashtag. Kalau di berbagai social media kita biasa mengenal hashtag alias tagar dengan tanda pagar (#), nah di sini tanda cashtag adalah tanda dollar ($). Cashtag ini berguna untuk menjadi ‘pengganti’ identifikasi rekening kita, antar sesama rekening Jenius. Tentu saja saya langsung mengamankan cashtag $natalia dong, silakan diingetin hihi..
Jadi kalau ada teman saya (atau kamu-kamu) yang mau transfer dari aplikasi Jenius buat saya, gak perlu memasukkan nomor rekening yang panjang-panjang, cukup menulis cashtag saya saja. Jadi lebih gampang diingat! Prinsipnya, Cashtag ini ada ‘karena kita punya nama, bukan melulu deretan angka’. Ihiy ahzeg ya!

 Lalu yang buat saya pribadi sangat menarik adalah semua transaksi In and Out di dalam aplikasi Jenius ini, bisa dikategorisasikan, dan nanti bisa di-download! Wuiih, ini sudah rangkap antara aplikasi transaksi perbankan dan aplikasi expense monitoring dong! Aku senang! Ini sangat akan berguna buatku pribadi.

Masih ada lagi, Dream Saver, jadi di dalam rekening aplikasi Jenius, saya bisa menyisihkan saldo saya ke dalam bentuk tabungan, dengan goal yang bisa saya atur, baik dari soal target jumlah dana yang ingin dicapai,  jangka waktu, dan apakah otomatis menarik saldo aktif saya tiap bulannya. Kalau Dream Saver-nya mau dicairkan, ya bisa juga dengan mudah dilakukan sendiri. Jadi memang ada bantuan untuk mendisiplinkan diri, tapi juga diberi kemudahan dan fleksibilitas untuk mengatur dan mencairkan dana. Rasanya jadi gak terkungkung, karena bebas diatur sendiri, ya gak? Ini cocok sih dengan daku yang mendamba keteraturan tapi juga kebebasan #halah

Serupa tak sama, ada lagi Flexi Saver, bedanya dengan Dream Saver adalah yang satu ini gak ada pengaturan ‘goal‘, tapi berbunga menarik dan kebebasan top up maupun tarik dana. Kalau istilah gampangnya, Flexi Saver ini seperti deposito tapi suka-suka kita aturnya. Ini mayan banget buat menaruh dana parkir, bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, yaitu 5% per tahunnya.

Duh masih ada sejumlah fitur unggulan lagi, misalnya kartu virtual yang saldonya bisa kita atur-atur sendiri atau kita blokir dengan mudah sekali dari dalam app, dan ada lagi kalau Split Bill sesama akun Jenius ini udah pinter banget cara perhitungannya dan bisa kita sesuaikan semi-manual juga (kalau misalnya ada yang mau nyumbang bayar lebih banyak). Jenius!

Ini dashboard aplikasi Jenius punya saya
Ini dashboard aplikasi Jenius saya

Nah, gak hanya aplikasinya sendiri yang keren buat mengatur keuangan dengan lebih cerdas, Jenius menggandeng banyak partner keren lho dari sejak launchingnya. Jadi iya menabung dan perbankan jadi makin oke, dan urusan belanja penuh gaya juga bisa tersalurkan nih. Jenius bekerja sama dengan BrightspotMarket buat bikin event #BrighspotxJeniusLive! Jadi yang sudah punya aplikasi Jenius dan sudah aktif, bisa masuk dengan gratis (yes!) lalu ada tantangan khusus untuk pengguna Jenius bersama Cashtag Challenge!

"Market of the Future" persembahan brightspot dan JeniusLIVE
“Market of the Future” persembahan brightspot dan JeniusLIVE

Kayak apa sih tantangannya? Simple sih, kamu cukup aktifkan akun Jenius – kalau maunya dibantu, bisa banget lho cari booth Jenius Live di berbagai mall dan Goods Dept, dan saat pilih cashtag, buat sekeren mungkin, seunik mungkin!

Pemenang Cashtag Challenge ini  nanti akan dapat undangan ke Private Opening Night Brightspot dan ada hadiah total 100 juta buat 100 orang pemenang!! Wah lumayan banget, per orang bisa dapat sejuta! Challenge ini masih dibuka sampai 26 September 2016, ayo buruan ikutan sebelum cashtag unik ide kamu diambil orang!

Yang mau download langsung, silakan lho ke link berikut: ini buat pengguna Android,  atau ini buat pengguna iOS, bisa juga kamu cek langsung di jenius.com.
Info soal Brightspot x Jenius LIVE ada di sini nih: https://www.jenius.com/id/brightspot 

Hmm, apa saja ya ide cashtag unik yang bisa berpotensi menang…

Gimana kalau daku bikin $DakuJenius?
Kamu punya ide cashtag apa lagi nih yang keren?  :D

Advertisements

6 thoughts on “Mengatur Uang dengan Jenius

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s