Toilet di Mall Jakarta

Kalau kamu pernah tinggal di Jakarta (atau sekitarnya), hampir bisa dipastikan kalau kamu pernah masuk (minimal) ke salah satu mall di Jakarta. Mall di Jakarta ada banyak, buat yang penasaran ada berapa, coba cek saja listnya di sini. Khusus tulisan ini, yang saya bahas lebih soal mall-mall yang lebih baru, yang menengah ke atas deh. Mulainya dari sini: Kamu suka memperhatikan detail toilet mall sejauh apa sih?

Detail-detail yang remeh-temeh itu, menurut saya, bisa berpengaruh pada kenyamanan dan kepuasan pengguna. Misalnya wangi sabun yang dipakai. Kalau ada toilet mall yang sabun cuci tangannya memiliki wangi seperti sabun cuci piring (ini contoh yaa), hmm, si mall ini jadi punya minus point di mata saya.

Secara sekilas, toilet di mall-mall Jakarta ini menurut saya sudah makin bagus-bagus. Kayaknya tak hanya satu dua mall yang saya tahu pernah renovasi toiletnya supaya jadi lebih keren. Apalagi yang mall lama tapi berusaha tetap bagus (misal: Plaza Indonesia). Bahkan ada juga mall dengan toilet didekor-dekor cantik dengan tema-tema tertentu, misalnya toilet anak, toilet lawas, toilet bertema sailor (asal sebut sih) dan macam-macam.

Anyway, ini berdasarkan pengamatan, pengalaman pribadi, dan ini juga curhat pribadi sih.

Seringkali (atau bahkan tiap kali!) saat masuk bilik toilet dan duduk buat menunaikan panggilan alam, I can’t help to notice the shiny tiles.

Shiny.

Licin.. mulus, dan memantulkan bayangan.

Iya, bayangan saya bisa mantul di tegel/keramik/marmer/ubin lantai.
DAN, kalau cuma terpisah oleh partisi, sebagian dari isi bilik sebelah juga terlihat pantulannya. Ya gak sih? #jengjeng

#JuliNgeblog Contoh Ilustrasi Toilet Publik
Ini contoh ilustrasi saja, gambar 3D toilet. Lantainya kinclong & mantul kan? 

Apa cuma saya saja yang memperhatikan beginian?
(Suara hati kecil: Yaelah Nat ngapain sih memperhatikan hal begituan?)

Tapi beneran, ini sudah lama banget mengusik pikiran saya.
Saya sampai bertanya-tanya.. yang mendesain toilet di mall itu sadar gak ya kalau lantai kinclong di dalam toilet itu bisa memantulkan bayangan di bilik sebelahnya? Apa ini tak disadari yang memilih materi lantai? :P

Ah, tentunya ada beberapa catatan ya.
Pertama, kalau antar bilik ini dipartisi dengan full atau bahkan pakai tembok (kayak di Plaza Senayan), gak akan masalah, gak ada celah untuk “intip-intip” antar bilik. Ini berarti kalau kehabisan tissue, gak bisa minta dioper dari sebelah juga.
Kedua, ini gak berarti semua mall lantainya shiny sih, tapi lumayan ada beberapa. Mungkin daftarnya bisa saya update lagi nanti sambil jalan haha..
Tiga, bukan toilet mall saja sih, toilet di hotel juga kadang gini! Yah gitulah efek tambahan kalau pakai modul partisi di toilet, haha.. *dasar anak arsitektur xD

Oke, siapa tahu ada yang memperhatikan soal ini juga selain saya, share dong (biar saya gak merasa sendirian), haha…

Gambar diambil dari sini. Katanya sih punya benoy dot com.

 

Advertisements

14 thoughts on “Toilet di Mall Jakarta

  1. Bener deh. Di hotel grand swiss bell Medan, toilet di lantai 25 pintunya kaca buram yg ternyata kalo ada orang didalam, keliatan bentuk aktivitasnya dari luar. Kan gak lucu kalo pas lagi naikin celana ke pinggang, keliatan bayangannya dari luar (itu yang kejadian sama say, untungnya cuma berdua sam temen di dalam toilet)

  2. Gw gak merhatiin sedetil itu kalau masuk toilet untuk kebutuhan pup. Asal bersih, lalu di samping kakus ada semprotan, atau kakusnya punya semprotan, dan di ruang toiletnya ada gantungan, udah memenuhi syarat untuk dipakai pup.

  3. Aku merhatiin! Dan dari dulu udah risih.. :( di PIM aja kita bisa liat bayangan orang yang di sebelah. Jadi aku kalo mau ngapa2in biasanya nunggu orang sebelah keluar dulu.. *parnoan

  4. tp aku suka yang di PIM 1, toiletnya agak lebar, pernah aku bela-belain pengen pup di sana hehe. tapi itu dia yang PIM 2 memang terlihat pantulannya di lantai, toiletnya yang deket jembatan itu.

  5. Iya, ada beberapa toilet yang mantul. Tapi aku paling jengah ama toilet di Blitz MOI, partisi dan pintunya transparan ngeblur. Kalau ada yang nempelin badan pasti kelihatan. :))))

  6. menurutku toilet mall yang paling mending PI sama GI deh.. lumayan bersih, plus petugas cleaning servicenya juga ramah dan cekatan banget ngebersihinnya, jadi lantai gak basah.

    Dan kayaknya masalah lantai terlalu kinclong itu gak ada di kedua mall tsb :D

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s