Resep Overnight Oats

Membuat Overnight Oats sebenarnya gampang, cuma repot di bagian persiapannya (itu pun relatif tidak terlalu banyak) dan mungkin yang paling menantang adalah.. mencari dan membeli bahannya. Begitu sih menurut saya. Overnight Oats yang enak itu, tergantung dari bahan apa yang digunakan, dan memang ada beberapa bahan yang sepertinya jarang ditemukan di supermarket biasa. Tapi kalau pakai bahan-bahan itu, jadinya lebih enak :)

Kita kenali dulu bahan-bahannya ya.

Bahannya apa saja?

  • Oats – bagusnya pakai rolled oats, karena tipe ini yang paling gak “benyek” atau “soggy” kalau dibuat Overnight Oats. Kalau pakai instant oats, jadi benyek banget kayak makanan diblender :P. Rolled oats bisa dicari di Total Buah merk Pristine (harganya sekitar 36 ribu rupiah untuk kemasan 750gr) atau beli online di clubsehat.com untuk harga lebih murah (ini testimoni ya, bukan promosi berbayar). Merk lain-lain juga bisa saja dipakai kok. Kalau mau tahu apa saja sih macam-macam oats, coba baca artikel ini.
  • Yoghurt – biasanya saya pakai yang plain dan kental seperti krim. Yoghurt ini membantu membuat tekstur Overnight Oats lebih ‘kental berisi’, tapi sebenarnya gak wajib dipakai kalau kamu gak suka. Serunya lagi, bisa lho memakai yoghurt drink (yang cair) dengan perasa untuk jadi variasi rasa Overnight Oats kamu :) Tentunya teksturnya akan berbeda kalau pakai yoghurt yang cair ya, jadi gak begitu kental.
  • Susu soya alias Soy Milk – saya suka menggunakan susu soya merk Home Soy karena paling ‘gak manis’, tapi bisa juga pakai merk lain. Berhubung Home Soy lagi susah ditemukan jadi saya coba-coba sejumlah merk lain seperti DrinkHo dan Sanitarium. Manis atau tidaknya Overnight Oats lumayan ditentukan dari pilihan soy milk, tapi itu semua kembali ke preferensi masing-masing :)
  • Topping buah – ini untuk menambah rasa manis Overnight Oats, dan gak wajib. Pilihan-pilihannya bisa memakai:
    • Dried fruits misalnya kismis, Dried Cranberries (ini saya beli di clubsehat juga), buah kurma (saya pakai medjool yang ukuran besar-besar, beli di Total Buah dapat sekotak dengan harga 50 ribu rupiah), dan lain-lain.
    • Bisa juga pakai buah segar yang sudah dipotong-potong, ditambahkan di atas Overnight Oats sebelum disantap (ditaruh di atas Overnight Oats sebelum disimpan dalam kulkas juga boleh).
  • Bahan lain-lainnya kalau mau ditambah: Bubuk kayu manis, Chia seeds, Flax seeds dll. Saya paling suka dan selalu pakai Chia Seeds karena juga membantu membuat tekstur Overnight Oats yang tidak cair. Chia seeds ini agak mahal, tapi sekali pakai cukup 1/2 atau 1 sendok makan kok, jadi satu kemasannya bisa tahan lama.

Apa perlu peralatan khusus?
Nah, membuat Overnight Oats ini gak butuh peralatan khusus, tapi bagusnya pakai gelas/mangkuk dari kaca. Teoriku saja, bahan kaca itu sifatnya lebih “dingin” jadi saat direndam dan disimpan dalam kulkas, suhu dinginnya lebih merata, dan kalau dikeluarkan dari kulkas, bisa menahan dinginnya oats lebih lama :)

Saya sendiri menggunakan mason jar. Jar ini enak karena ada penutupnya, jadi kalau disimpan semalaman di kulkas, bagian atas oats gak jadi  ‘mengeras’. Saya belinya di ACE Hardware, untuk ukuran 8oz atau 16oz itu harganya 20-25 ribu rupiah. Tapi mangkuk atau gelas lain bisa saja dipakai kok, selama ada penutupnya. Ini gambar mason jar-nya di bawah:

Mason Jar
Ini Mason Jar Half Pint (8oz)
Mason Jar
Ini yang lebih besar, Mason Jar 1 Pint (16oz)

Penting! Waktu membuat Overnight Oats yang mau disantap untuk sarapan itu, paling benar dibuat pada malam sebelumnya dan disimpan semalaman di kulkas (makanya bernama Overnight Oats, hehe). Bisa kok tahan sampai malam atau pagi keesokannya, tapi sebaiknya dimakan dalam waktu 3×24 jam (disclaimer: ini masih perkiraan). Waktu rendam oats ini sebenarnya minimal 3 jam dan idealnya 6-8 jam. Kalau mau dibuat di siang hari untuk dimakan pada malam hari pun bisa saja. Bebas! :D

Resep dan Cara Membuat:
Untuk 1 porsi mason jar ukuran 8 oz. Semua bahan boleh ditambah dan dikurangi sesuai selera.

  • Tuang rolled oats setinggi separuhnya mason jar
  • Masukkan:
    • 1 sendok makan yoghurt plain
    • 1 sendok makan chia seeds
    • 1 sendok makan buah kering
    • 1/4 sendok teh atau sekitar sejumput bubuk kayu manis (cinnamon)
  • Isi dengan soy milk sampai 3/4 gelas full, ini sekitar satu setengah kali sampai dua kali tingginya oats
  • ADUK rata, taruh di kulkas, biarkan semalaman.

Besok pagi tinggal dimakan deh! :D

Kalau untuk porsi mason jar 16 oz, patokannya oats itu setinggi bagian terbawah huruf B di muka mason jar (gak usah sampai setengah jar, karena nanti terlalu banyak oats dan hasilnya terlalu padat/kental :P). Bahan topping masih kurang lebih dengan takaran yang sama, tapi sedikit diperbanyak, lalu isi soy milk sekitar satu setengah sampai dua kali tinggi oats :D

Buat patokan, ini ya foto langkah-langkah ketika saya membuat Overnight Oats dengan jar (tinggi) ukuran 16oz.

This slideshow requires JavaScript.

Hasil jadinya seperti ini:

Gitu aja kok cara membuatnya, mudah kan? Yang kemudiah akan pengaruh adalah apa kamu sudah menemukan komposisi yang pas dengan selera kamu, dan apa bahannya memang sudah punya rasa yang pas (karena tiap merk memiliki rasa dan kadar gula yang agak berbeda-beda).

Bisa lihat variasi resep lainnya di sini nih. Semoga membantu ya! Cerita-cerita juga kalau kamu sudah sukses bereksperimen Overnight Oats ini :) Selamat membuat Overnight Oats!

PS: Kalau mau ngobrol/nanya-nanya silakan langsung berkomentar di bawah, atau follow aku di akun Twitter @natalixia dan Instagram @natalixia yaa :D

Gambar Mason Jar diambil dari sini.

Advertisements

63 thoughts on “Resep Overnight Oats

  1. Mau coba ahh…buat anak2, pada doyan gak ya? dulu biasanya pake yg instan oat dimasak pake susu, paling ditambah keju dan meses tapi sekarang mereka bosen. Kalo yang ini, dari kemasan udah menarik, semoga mereka suka :) makasih infonya, mba.

    1. Hai Mbak Helda, kebetulan saya belum pernah mencoba membuatkan anak-anak, jadi saya tidak tahu kalau cocok tidak dengan selera anak-anak. Moga-moga mereka suka sih. Bisa juga ajak anak-anak memilih sendiri yoghurt rasa apa yang mau dipakai untuk oats mereka lho, kalau mereka suka dan minta lagi. Semoga sukses ya mbak :)

  2. aku baru tau yang beginian namanya overnight oats , biasanya beli tanpa tau namanya,, yang penting oat aja :lol: … tapi kalo diluar kulkas tahan berapa lama ya?

  3. Mba Natalia, mau tanya, saya liat komen diatas kalau susu bisa diganti rice milk, kalau dua2nya ndak minum gmn mba?
    Apa bs saya ganti dg air hangat?

    1. Hai Wisnu, kalau pakai air hangat saja, sepertinya sih bisa, oatsnya akan tetap mengembang, tapi rasanya pasti jadi beda, “less milky” gitu. Karena saya belum pernah coba, jadi kurang tahu juga ya..

  4. Hai kaka, mau tanya kalo beli online di web yg di sebutin diatas yg bagus yg reguller rolled oats atau yg merk lowan (maaf sebut merk) hehehe

    1. Yang regular rolled oats juga oke kok, aku pakai yang itu :D Yang Lowan aku pernah beli juga (bukan dari online shop situ) ya rasanya sama aja, beda rasanya di kantong (alias harganya) haha

    1. Hai Nilam, kalau aku beli online di clubsehat dot com, atau di Foodhall (Jakarta) gitu juga sudah ada. Harganya sekitar 150-180 ribu untuk satu pack besar yang bisa dipakai berminggu-minggu. Semoga kamu bisa ketemu dan beli chia seeds juga yah :)

  5. Lagi tertarik sama overnight oats buat sarapan sehat nih. Tadinya amsih bingung mau beli oats jenis apa. Soalnya baca2nya blog resep makanan raw dan vegan asing. Post blog ini sangat membantu Mba, makasih ya, aku jadiin favorite di browser :)

    1. Kalau soy milk di supermarket juga suka ada kok. Kalau di Jakarta saya seringnya ke Food Hall, dan bisa cari soy milk seperti So Good atau Soy Fresh. Ada kok banyak merk lain-lain yang bisa dicoba-coba, karena kecocokan selera bisa berbeda-beda :)

  6. Kak nat mau tanya, itu resepnya buat yang 8oz kah kak ? :)
    Kemarin aku liat di healthycornersby itu ada classic muesli … di dalemnya ada rolled oatnya sih.. tapi di dalemnya juga ada sunflowerseeds, pumpkinseed dll. Apakah bisa digunakan untuk overnight oat ? Makasih kak

    1. Iya betul Aci, untuk yang 8oz, tapi sebenarnya bebas ditambah/kurangi kok takarannya sesuai selera.

      Kalau bercampur biji-biji, mungkin bisa saja, tapi teksturnya akan lebih kasar (harus banyak dikunyah) karena ada biji-biji tersebut. Biasanya malah biji-bijian itu ditaruh di atas ketika akan dimakan, jadi masih ‘crunchy’ banget. Kalau dicampur, kurang tahu ya, siapa tahu malah akan melunak.

      Kalau kamu jadi coba pakai oats bercampur biji, kasih tahu ya hasilnya gimana :D

  7. Thanks God nemuin blog ini.. Mw clean eating secara rutin, pengen coba semua biji2an atau cereal dkk tp lumayan mencekik dompet jg.. Sampe akhirnya baca blog ini dan diarahkan ke clubsehat. Com yaa ampunnn harganya bs setengahnya dr yg biasa dibeli..
    Jd semangat mw CE lg… Bakal sering2 jg namu disini.. Thanks yaaa… Doakan saya kurus dan sehat.. Heheee

    1. Halo Fanydian, syukurlah ada informasi yang berguna dari blog aku. Wah hebat berniat clean eating, aku sebenarnya belum sampai clean eating :) Semoga semakin sehat, dan kurusnya itu bonus yaahh ^^

    1. Hai Ayu, kalau quacker oat yang biru itu terhitung instant oats, dan menurutku hasilnya akan benyek.. tapi gak apa-apa kamu coba dulu aja, selera kita kan bisa berbeda ya. Gak perlu dimasak, cukup langsung direndam saja kok :)

  8. Mbak Nat.. thanks bgt sharing info-nya, semalem udh nyoba buat pake yoghurt & low fat milk gitu, plus kurma & pomegranate as topping. Udh abis 1 jar kecil, dan enaaaak.. skrg lg cemilin 1 jar selanjutnya. Love it…!!! ;)
    malem ini pgn nyoba pake chia seed & flaxseed, cm kalo pake flaxseed keras ga yah?

    1. Wah dengan kurma dan pome kok terbayangnya enak segar dan cakep warnanya tuh! Syukurlah kalau sharing infonya berguna :) Kalau pakai flaxseed aku gak pernah coba, tapi sepertinya akan jadi ada keras-keras. Bagaimana hasilnya? Sudah dicoba? :)

    1. Hai Maulidhappt, oatmealnya mau dibuat overnight oats atau dimakan biasa? Kalau untuk overnight oats, mendingan yang biru, tapi buat saya pribadi, lebih enak bukan pakai oatmeal instan.

  9. halo mau nanya dong. saya mau gemukin badan dan nyemil pake oats gitu ada tips ga ditambah apa gitu? oiya 1 lg kalo sy makan oats tiap jam 10 pagi tetapi dibuat pas pagi jam 6. basi atau ga sih?

    1. Kalau gemukin badan sih sepertinya perlu lihat menu makanan kamu sehari-hari dengan lebih lengkap/komprehensif, bukan soal nyemilnya pakai oats saja. Kalau buat oats jam 6 lalu dimakan jam 10 sih kayaknya masih gak apa-apa, terutama kalau kamu masukkan kulkas dulu. Untuk soal diet lebih baik kamu ngobrol dengan yang lebih ahli soal nutrisi. Gimana? :)

        1. Kalau dengan muesly oat aku malah belum coba, tapi kental/gak kental itu selain tergantung oat yang dipakai, juga tergantung kadar cairan (susu dan yogurt) yang dipakai kok setahuku :) Dicoba2 aja yaa :D

  10. Makasii banyaaaaaaaaak ya mba Nataliaaa~
    Bener banget kayak komen di atas.. resep/review dg raw food healthy food banyaknya blog luar.
    Dari belanja bahannya aja udah bingung, eh skrg nemu yang lebih bs di mengerti cara buat bahkan sampe tmpt belinya (sama harganya pula) ^^/

    1. Halo Ayumi, kalau membuat overnight oats, paling ideal sih langsung dihabiskan di hari yang sama. Mungkin bisa tahan sampai keesokan harinya kalau dikembalikan ke kulkas. Tapi saya sendiri belum pernah eksperimen sampai berapa lama overnight oats (tanpa pengawet) bisa bertahan :) Semoga jawaban ini membantu!

    1. Halo Rachma, kalau di suhu ruang, saya gak berani simpan lama-lama sih, karena memang lebih enak dimakan dingin juga (buat saya). Biasa saya makan dalam waktu 2jam sudah habis. Kalau dikirim ke luar kota sepertinya tidak disarankan deh mbak.. :)

  11. Ka Nat, saya udh coba buat overnight oatnya.. tp koq oatnya msh berasa keras ya.. cb dibanyakin susunya,mlh jd encer.. Padahal udh semaleman loh.. Salah dimana yaa..?

  12. Halo kak natalia..
    Makasih infonya, aku mau coba pake bahan2nya :)
    sebenernya aku udah seminggu ini sarapan pake overnight oatmeal tp pake bahan seketemunya dikulkas (maklum saat itu tgl tua hiks) instan oats + susu coklat + serbuk kopi rendah lemak + buah pisang, hehe..

    1. Hai Rossmi, buat bikin oats ini gak usah merasa ‘wajib’ pakai ini itu, toh akhirnya kembali ke selera masing-masing, hihi. Dicoba saja yang enak kombinasinya apa menurut kamu :D

  13. kak mau tanya dong, merk soy milk yg sering kakak pakai merk apa yah? dan yg paling enak menurut kakak yg mana?? siapa tau bisa jd referensi:D

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s