Love Yourself

Udah membaca lirik yang dipost sebelum ini? Sepanjang sepengetahuan gua, lirik yang gua pajang itu adalah lirik lagu yang dinyanyikan Whitney Houston. It is a great song.. karena melodinya yang enak, karena pembawaan Whitney yang ‘emosinya terasa’ *at least for me, it does*.. terus ya karena liriknya, nyentil euy. Terutama bagian chorusnya. Hehe.. Kalau gua lagi down, dan kalau kebeneran gua lagi ingat, lagu ini bisa membantu menguatkan gua sih. :)

Dalam hidup kita ini, pasti gak lepas dari yang namanya masalah. Jelek-jelek gitu, segala masalah yang kita alamin, bisa bikin hidup lebih hidup! :D Yah kalo gak ada yang namanya masalah, dan hidup kita penuh dengan senang-senaaang aja.. apa gak bosen tuh? Yang ada, hidup kita datar-datar aja, karena isinya ya semua hal yang menyenangkan sehingga lambat laun you’ll get fed up with it. Nahhh.. kalo ada masalah, iya sih pasti kita jadi down.. jadi bete, pusing, bingung,  murang.. eh salah, maksud gua murung dan muram.. jadi sendu, mellow, dan masih ditambah sejuta perasaan campur aduk lainnya. Tapi ketika kita bisa melalui periode bermasalah itu dengan baik (catet ya, dengan baik lho!), kita jadi lega, dan kegembiraan yang kita raih, rasanya  bakal lebih manis. Iya, soalnya udah ngalamin yang pahit-pahit sih, jadi yang rasanya manis, makin manis. Nyam…

Apa hubungannya dengan love yourself?? Yah ini dari pandangan dan pengalaman gua aja sih. Biasanya kalau gua ada dalam masalah, solusi dari masalah itu berupa pilihan-pilihan. Apa gua memilih jalan ke kanan, atau haruskan gua memilih jalan ke kiri. Dan buat memilih antara dua pilihan itu.. gua pusing banget.. bingung banget.. Itu baru dua pilihan, bayangkan kalau misalnya ada beberapa pilihan. Ugh.. tambah pusing deh. Makin bingung, desperate, dan bikin gua habis energi sendiri karena bermuram durja dan extra memikirkan masalah itu. 
Lalu, gua berusaha mencari pendapat orang lain, dan saran dari orang lain. Nah gak enaknya.. kadang saran pendapat itu.. malah makin membuat pilihan yang ada semakin ekstrim. Kalau awalnya gua harus memilih Jawa Barat versus Jawa Timur, lho kok setelah gua menjalani sesi curhat, jarak yang membentang di antara pilihan itu jadi menjauh, semisal jadi sejauh Sabang ke Merauke.. lebih buruk lagi, lama-lama kok rasanya jadi sejauh Kutub Utara dengan Kutub Selatan.. Pikiran gua makin mumet deh ah. Makanya kadang-kadang curhat tuh gak ngenakin yah hihi..

Di dalam perasaan kebingungan memikirkan saran yang terpecah jadi dua kubu Utara-Selatan itu, seringkali gua suka lupa satu hal. Gua lupa akan diri gua sendiri. Yang gua pusingin adalah “Kalau menurut si A gua sebaiknya begitu, sementara menurut si B gua barus begini”.. sementara A dan B dua-duanya adalah orang-orang yang ingin gua ikutin sarannya karena gua deket dengan mereka, dan gua sayang mereka dan gua gak ingin mengecewakan atau menyakiti hati mereka. Gua takut kalau gua ikutin kata si A, nanti si B jadi kecewa gimana gitu.. atau kalau gua ikutin kata si B, si Alah yang akan jadi kecewa de el el.. Bisa jadi pula, gua merasa baikA maupun B udah memberikan saran yang kayaknya dua-dua bener meski bertentangan.. Arghh.. pokoknya gua pusing pusing pusing kalau dihadapkan masalah kayak gini.

Saat-saat seperti itu, gua terus (harusnya) ingat tentang ini: Gua gak boleh bikin keputusan demi kesenangan orang lain terus. Kalau gua terus-terusan mau menyenangkan orang lain, kapan gua akan membuat keputusan demi diri gua sendiri? demi kesenangan gua sendiri, dan prioritas gua dan kepentingan gua? Yang menjalani hidup gua kan diri gua sendiri, bukannya orang lain, si A, atau si B, atau siapapun yang lain. I have to love myself. Gua gak bisa berkorban diri terus dan membiarkan diri gua berkubang dalam perasaan gak enak karena gak bisa menyenangkan semua orang dalam waktu yang bersamaan. Gua memang gak selalu bisa bikin semua orang senang kok, just face it. Kadang gua gak mampu, dan gua harus bilang bahwa gua gak mampu. Kalau mereka care enough pada gua, mereka akan mengerti dan memahami gua, dan gak akan memaksa gua. Mereka akan memaklumi keterbatasan gua dan menerima keputusan gua apa adanya. Itu lah, salah satu “love yourself” yang gua -kayaknya belom lama ini- sadari.

Ada lagi nih, “love yourself” tuh juga sebenarnya another key untuk menuju ketentraman hati, karena kamu menerima dirimu apa adanya. Kerap kali kita merasa rendah diri, gak percaya diri, sebal sama diri sendiri karena kita gak bisa seperti orang lain. Tapi hey.. standard orang itu berbeda-beda, kamu gak bisa menjiplak standard seseorang dan menerapkannya pada dirimu sendiri, memaksa dirimu untuk menyerupai dia. Sebagai pemacu semangat, oh tentu aja boleh, tapi gak usah maksain diri. Tetap realisitis. Cintai dirimu yang sekarang ini dong apa adanya. Jangan gak puas melulu dengan keadaan sekarang, tapi terima deh.. dan bersyukurlah. Be proud of what you are, be contented, be glad. Berysyukurlah karena ada banyak orang lain yang keadaannya mungkin lebih menyedihkan daripada diri kita. Try to achieve higher but don’t push it too far. Don’t overwork yourself and get too exhausted. Kita emang perlu berusaha, tapi kita juga butuh beristirahat. Loe merasa gak secantik dan semenarik bintang film? Hey, jangan sampai rasa cemburu sama bintang film itu menutupi matamu untuk melihat dirimu yang sesungguhnya, yang punya something else yang special. Karakter loe mungkin. Or your brain. Or maybe it’s in those little things like the way you laugh, the way you smile, the way you show your care..

Ya itu lah.. 
Love yourself..

Eh, jangan over love yourself juga lho ya. Itu sih namanya udah mau nyasar ke egois, mau menang sendiri, narsis, dan gak tau diri.. haha.. tempatkan diri loe sesuai keadaan.. be yourself, gak usah terlalu melebih-lebihkan dirimu sendiri :)

So now.. gua harus tidur juga, gak boleh gak sayang badan dan memaksa diri begadang terus-terusan ah.. nanti jadi sakit hehe.. ..Mungkin malem ini kata-kata gua jadi agak lebih rumit dan susah dimengerti. Tapi biarlah judul yang gua pakai ini jadi kata kunci dari apa yang ingin gua gua share malam ini :

Love yourself..

 

Advertisements

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s