Tetap Nyaman saat Penerbangan bersama Singapore Airlines

Apakah kamu pernah terbang bersama Singapore Airlines? Saya pernah, dan pertama kali saya naik Singapore Airlines di tahun 2014, penerbangan saya langsung yang jarak jauh. Gak tanggung-tanggung, Jakarta ke London! Untungnya dan memang biasanya, ada transit kok ke Singapura. Jadi kalau didetail, penerbangannya Jakarta-Singapura disambung Singapura-London. Pulangnya juga pakai transit, London-Singapura disambung Singapura-Jakarta. 

Kok bisa terbang dengan Singapore Airlines? Saat itu saya memang mewujudkan ‘dream trip’ saya untuk mengunjungi London, dan memanfaatkan harga promosi dari Singapore Airlines. Saya beli tiketnya di bulan Oktober 2013, dan trip saya itu di akhir bulan April masuk ke Mei 2015. Jadi  6-7 bulan sebelum penerbangan lho :D 

Kenapa Singapore Airlines

Alasan kenapa saya memilih Singapore Airlines yang terutama, adalah kenyamanan. Iya, dengan penerbangan selama itu (12-13 jam kalau ditotal), saya mencari penerbangan yang menawarkan kenyamanan, dan memang Singapore Airlines terkenal memberikan  pelayanan dan kenyamanan yang premium. 

Untuk pengalaman pertama menggunakan Singapore Airlines waktu itu, saya merasa puas dan merasa apa yang saya bayar itu pantas. Makanannya enak, in-flight entertainmentnya juga banyak dan menarik, dan tentunya para pramugari dan pramugaranya ramah-ramah dan membantu. Satu hal yang saya perhatikan, para pramugari SQ ini langsing-langsing banget deh, sampai bikin iri melihat mereka dalam busana kerja yang khas SQ banget itu. 

Belum lama ini saat ada BCA Travel Fair di Grand Indonesia, ternyata ada acara peluncuran kelas baru mereka, namanya Premium Economy Class. Kalau diurutkan, jadi Premium Economy ini ada di atas kelas Economy Class, dan ada di bawah Business Class. Berarti di tengah-tengah. Saya belum pernah mengalami Business Class di Singapore Airlines, tapi kalau dibandingkan dengan Economy, wah ternyata memang lebih wah!

Kelebihan Premium Economy Class Singapore Airlines

Pengaturan kursi untuk Premium Economy ini sekilas serupa dengan Business Class, karena dimensinya lebih lebar, dan yang jelas terlihat berbeda (dengan Economy), ada pembatas di antara kursi, yang bisa jadi meja lipat. Di bawahnya ada tempat untuk menaruh botol minuman. Secara ukuran, seat pitch Premium Economy ini 38”, bandingkan dengan Economy Class 32” – bedanya lumayan! Lebarnya juga 18.5-19.5”, naik dari Economy yang sekitaran 17”. Biar lebih jelas, lihat saja gambarnya di bawah ini nih. 

Premium Economy Class
Ini dia Premium Economy Class
Economy Class Singapore Airlines
Ini Economy Class Singapore Airlines. Beda kan?

Nah untuk in-flight entertainment, yang menurut saya juga penting buat menghibur diri sepanjang penerbangan (apalagi kalau perginya sendirian), layarna Premium Economy ini 13.3” full HD dan touchscreen lho. Kualitas gambarnya bakal asik banget karena sudah HD (high definition). Tak hanya koleksi film, ada juga musik, game dan berita, jadi lengkap dan variatif buat dipilih-pilih. Headphone yang disediakan juga kedap suara, jadi gak akan terganggu dari suara-suara di sekitar saat menikmati hiburan. 

Layar HD 13.3"
Layar HD 13.3″ dan touchscreen pula

Ada port USB yang disediakan juga lho, jadi bisa aman charging gadget-gadget selama penerbangan, dan gak perlu takut kehabisan batere saat tiba di tujuan nanti. Lalu ada lampu baca personal yang bisa fleksibel, lebih mudah untuk adjust posisinya nih dibanding yang menempel di langit-langit kabin, lalu ada juga foot-rest yang bisa membuat posisi duduk makin nyaman. 

Untuk Premium Economy Class, ada fasilitas Book The Cook yang bisa dilakukan melalui website Singapore Airlines. Jadi bedanya kalau di Economy Class pilihan menu itu mengikuti apa yang sudah disediakan di pesawat, untuk Premium Economy, bisa memilih menunya sebelum penerbangan, dan tentunya ada pilihan untuk halal, non-halal, non-seafood dan bahkan makanan rendah gula. Economy Class saja makanannya enak kok (dari pengalaman pribadi), Premium Economy Class ini pasti lebih enak lagi, dan memang menu Book The Cook ini disiapkan oleh tim chef khusus :D Hmm ada champagne juga disediakan untuk Premium Economy Class. Berita baik buat penikmat champagne ya!

Selain itu, kenyamanan lainnya adalah jatah/kapasitas bagasi yang diberikan adalah 35 kg, kabar baik nih buat yang sering butuh kapasitas ekstra kalau pulang (belanja) dari tripnya! Penumpang juga akan mendapat priority check-in counter sendiri dan priority boarding serta baggage handling. Dan gak lupa KrisFlyer miles untuk Premium Economy ternyata 110% dari actual miles. Buat ngumpulin miles, berguna ya. 

Nah, Premium Economy Class ini sudah mulai dioperasikan sejak tanggal 9 Agustus 2015 dari Singapura ke Sidney, lalu bertahap untuk berbagai tujuan lain, seperti Hong Kong, London, Frankfurt, Munich, Paris, dan Zurich. Semoga saya bisa punya kesempatan merasakan penerbangan dengan Premium Economy Class nih, syukur-syukur kalau ke London lagi :D

Ternyata ada lho kesempatan untuk ke Hong Kong atau London gratis dengan Premium Economy Class! Jadi bagi mereka yang membeli tiket penerbangan Singapore Airlines kelas apapun sejak tanggal 1 September 2015 sampai 10 Oktober 2015, tinggal isi form di website www.SIAuntukmu.com dan ceritakan alasan kenapa kamu mau terbang bersama Singapore Airlines Premium Economy Class. Peserta yang beruntung  bisa mendapat tiket PP ke London atau Hong Kong! Dan gak cuma satu pemenang lho, cek aja langsung di websitenya!

KE

Duh jadi pengen cari tiket Singapore Airlines harga promo lagi, sayangnya pas BCA Travel Fair dan online sales kemarin, saya memang gak beli tiket dulu. Mungkin kamu sudah beli tiket promonya Singapore Airlines? Tuh ikutan segera deh ke www.SIAuntukmu.com ya! Kalau bukan ke Hong Kong atau London, tujuan perjalanan idaman kamu ke mana sih? 

Advertisements

8 thoughts on “Tetap Nyaman saat Penerbangan bersama Singapore Airlines

Feel free to leave your comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s